Tips Mencegah dan Mengobati Penyakit Kutil Berkelompok (Molluscum Contagiosum)

Loading...

Pada anak mungkin seringkali mengalami bintil yang mempunyai warna kemerahan yang bentuknya menyerupai mutiara pada bagian kulit. Pada jenis ini banyak jumlahnya sering berkelompok berbentuk kubah, bagian tubuh anak yang sering diserang adalah di bagian dada dan punggung. Apabila bintil ini akan dipecahkan maka akan mengeluarkan cairan yang berwarna putih yang bertekstur seperti nasi. Ini adalah salah satu kulit pada anak yang sering disebut dengan Molluscum Contagiosum.

Tips Mencegah dan Mengobati Penyakit Kutil Berkelompok (Molluscum Contagiosum)

Penyakit ini merupakan penyakit kulit yang sangat rentan menyerang anak. Seperti halnya dengan namanya contagius atau yang berarti menular maka mudah sekali menular dari anak yang menderita kepada anak lainnya. Penyebab dari terjadinya kutil yang berkelompok ini adalah kuman poxvirus yang dapat menyerang anak usia 2 tahun sampai dengan 5 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan juga orang dewasa dapat terserang penyakit yang satu ini. Kuman dari virus ini akan menular ketika anak bersentuhan dengan kutil ini lalu terjadi kontak dengan anak Anda. Perawatan yang alami pada anak memang diperlukan untuk dapat mencegah penyakit kulit ini terjadi.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah penyakit kutil berkelompok (Molluscum Contagiosum) :

Mencuci Baju Anak sebelum digunakan
Ketika anak memiliki baju baru, usahakan untuk tidak langsung digunakan pada anak Anda melainkan terlebih dahulu untuk mencucinya. Pastikan juga Anda menggunakan deterjen yang mengandung zat anti kuman sehingga dapat menghindarkan anak dari kuman.

Gunakan kain lembut
Ketika akan merawat kulit bayi, usahakan untuk menggunakan tisu bayi sehingga tidak akan mengiritasi dan juga membuat kulit anak menjadi kering. Anda juga dapat merawat kulit anak Anda dengan cara menempelkan kain pada kulit secara perlahan dan perlu diingat untuk tidak menggosok bagian kulit terlalu keras.

Menjaga kebersihan
Sangat dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan tangan dan kaki anak Anda. Terlebih pada anak di usia prasekolah yang sering menghabiskan waktu bermain di luar rumah dan banyak bersosialisai dengan teman sebayanya. Mencuci tangan dan juga kaki juga sangat dianjurkan untuk dapat mencegah kuman pada tubuh anak Anda.

Memiliki Peralatan Pribadi
Biasakan juga untuk selalu memiliki peralatan pribadi yang digunakan sendiri seperti handuk dan juga pemotong kuku pribadi. Hal ini berguna untuk menghindari kontak dari anak lain yang menderita penyakit kulit. Dengan cara memiliki peralatan yang hanya digunakan sendiri akan mengurangi resiko akan terjadinya penyebaran penyakit Molluscum Contagiosum ini.

Pengobatan Penyakit Kutil Berkelompok (Molluscum contagiosum)

– Cryotherapy ini merupakan cara yang dapat membunuh sel yang terinfeksi dengan cara memberikan tekanan udara dengan menggunakan spray yaitu melakukan tindakan dengan prosedur tanpa rasa sakit. Infeksi yang terjadi pada sel akan berkurang dengan menggunakan metode jenis ini.

– Dengan menggosok permukaan yang luka namun hal ini harus dilakukan dengan cermat. Anda dapat menggosok gundukan dengan menggunakan betadine selama kurang lebih 5 menit dan harus dilakukan setiap hari.

– Dengan menggunakan zat atringents yang berguna untuk menghancurkan lapisan kulit.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × five =

%d bloggers like this: