Penyebab dan Cara Meredakan Stres Pada Anak

Loading...

Bagi Anda yang baru pertama kali memiliki bayi tentunya akan banyak dihadapkan dengan masa – masa yang sedikit membingungkan, terlebih pada saat anak Anda selalu rewel dan menangis pada waktu yang tidak tepat. Anak akan terus rewel walaupun Anda telah memberikannya makan dan juga telah memberikannya ASI.

Penyebab dan Cara Meredakan Stres Pada Balita

Anak juga akan rewel meskipun ia tidak menderita sakit,. Hal ini bisa saja dikarenakan karena bayi menderita stres. Bukan hanya orang dewasa saja, balita juga dapat merasakan stres. Namun berbeda dengan orang dewasa yang merasakan stres karena banyaknya pekerjaan dan lain sebagainya, bayi dapat mengalami stres jika dia merasa bosan dan merasa tidak nyaman.

Penyebab Stres Pada Anak :
Perubahan Lingkungan dan Suasana
Perubahan yang terjadi pada lingkungan dan suasana seperti pindah ke rumah baru dengan suasana baru serta lingkungan interaksi yang baru. Kondisi ini maka akan memicu anak menjadi lebih over aktif pada lingkungannya yang dapat membuat anak melampiaskannya di dalam rumah.

Pertengkaran yang Terjadi di Rumah
Keributan yang terjadi di keluarga entah itu dilakukan oleh kedua orang tua, maupun orang-orang yang berada di dalam rumah akan membuat anak merasakan ketakutan apabila anak Anda menyaksikan atau mendangarkannya. Selain itu, anak juga akan mengalami stres dan rasa tertekan. Hal ini dapat terjadi karena pada umumnya anak yang masih berusia dini belum bisa memberikan pendapat dan juga penolakan untuk apa yang tidak disukainya.

Kematian Hewan Kesayangan
Sama dengan kehilangan teman, kehilangan hewan kesayangan juga dapat menjadi duka yang sangat mendalam untuk anak. Sedih dan rasa duka ini dapat membuat anak menjadi stres.

Masalah di Sekolah
Masalah yang terjadi di sekolah seperti halnya dimarahi oleh guru, atau bertengkar dengan temannya akan menjadikan anak menjadi tertekan dan juga stres. Hal-hal yang dapat juga memicu anak dalam menjalani kesehariannya akan ditunjukan dengan melakukan banyak hal dengan berlebihan seperti tertawa, menangis, pada saat marah ataupun dengan reaksinya lainnya ketika anak bermain dan pada saat berada diluar rumah.

Cara Meredakan Stres Pada Anak :
Lakukan Komunikasi yang baik
Ketika Anda merasa anak menimbulkan gejala seperti yang telah disebutkan di atas dan juga menunjukan gejala anak Anda akan mengalami stres, sebaiknya Anda terlebih dahulu menanyakan apa yang membuat mereka berkelakuan seperti itu. Selain itu, Anda juga dapat menanyakan apa yang anak Anda inginkan.

Ajak Mereka Untuk Tidur dan Menenangkan Pikiran
Sebaiknya Anda mengajak anak untuk berbaring di tempat yang nyaman dan mengajak anak untuk membayangkan hal yang indah. Hal ini tentunya dapat mengajarkan agar dapat terbiasa menengkan diri pada saat ada masalah yang menghampirinya.

Biarkan Anak Mendengarkan Musik
Anak juga kadang membutuhkan untuk mendengarkan musik kesukaannya hal ini sangat berguna untuk menenangkan hati anak. Dengan mencoba hal ini maka rasa marah dan rasa tertekannya perlahan akan menghilang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + eight =

%d bloggers like this: