Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anak

Loading...

Kekebalan tubuh anak atau yang sering disebut dengan sistem imun sangat diperlukan dalam menjaga kesehatannya. Imun juga berarti immunitas atau kekebalan dalam bahasa latin. Sistem imun dalam tubuh yang terdiri dari sel yang dihasilkan bekerja secara kolektif untuk dapat melawan zat lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Namun perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa gangguan yang dapat menyerang kekebalan seorang anak jika sistem imun yang dimiliki anak tidak dijaga dengan baik.

Kenali Lebih Dalam Mengenai Sistem Kekebalan Tubuh Anak!

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak Anda :

Memberikan ASI Ekslusif
Untuk anak 0-6 bulan pemberian ASI dapat sangat membantu untuk meningkatkan sistem imun pada anak. Dengan memberikan ASI maka kekebalan tubuh pada anak meningkat dan dapat memberikan perlindungan anak dari penyakit yang berhubungan dengan pernapasan dan pencernaan. ASI memiliki kandungan gizi yang berguna untuk meningkatkan sistem imun anak.

Bermain di lingkungan
Tentunya Anda sering khawatir jika anak Anda bermain kotor di luar rumah. Namun sesungguhnya dengan bermain di luar rumah, sistem kekebalan tubuh anak akan berkembang sepenuhnya. Walaupun anak bermain dalam keadaan yang kotor namun hal ini dapat membantu dalam menemukan jumlah patogen dan dapat melatih sistem imun yang sangat berguna untuk memerangi infeksi.

Banyak tertawa
Dengan banyak tertawa juga dapat meningkatkan sistem imun anak. Hal ini dikarenakan cara yang menyenangkan dapat membantu untuk meningkatkan sistem imun anak. Dengan tertawa akan dapat meningkatkan produksi sel yang dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak dalam membunuh kuman yang menjadi virus dari penyakit pilek dan flu.

Istirahat Cukup
Dengan istirahat yang cukup maka anak akan dapat menurunkan resiko flu dibandingkan ketika anak kurang tidur. Porsi tidur yang sehat untuk anak berusia 3 sampai dengan 12 tahun adalah 10 jam per hari.

Mengurangi antibiotik
Sebaiknya Anda mengurangi pemberian antibiotik jika anak Anda menderita sakit yang ringan. Ada cara lain yang lebih baik dengan menggunakan bahan – bahan alami. Karena pemberian antibiotik yang terlalu sering pada anak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Menghindari Polusi Udara
Seperti yang kita tahu, polusi udara sangat buruk bagi kesehatan, bukan hanya pada anak – anak. Pada orang dewasa juga akan berdampak tidak baik jika terlalu banyak polusi yang masuk dalam tubuh. Sebaiknya anak Anda dijauhkan dari pencemaran udara seperti halnya asap rokok dan beberapa bahan kimia yang sering dijadikan bahan pada beberapa alat rumah tangga.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − 4 =

%d bloggers like this: