Mengenal Lebih Dalam Tentang Leishmaniasis

Loading...

Leishmaniasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit protozoa yang satu family dalam genus Leishmania dan dapat ditularkan lewat gigitan serangga sejenis lalat yang memiliki genus Lutzomyia dan Phlebotomus. Penyakit ini sebenarnya telah banyak menyerang wilayah Timur Tengah khususnya Suriah. Sebenarnya penyakit ini sudah dikenal sejak lama, namun beberapa waktu ini penyakit yang salah satunya diakibatkan oleh parasit yang bernama Leishmaniasis atau yang banyak dikenal dengan penyakit ‘Iblis Aleppo’.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Leishmaniasis

Pengertian Leishmaniasis
Penyakit leishmaniasis ini terdapat di banyak negara tropis atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Iblis Aleppo’ yang merupakan penyakit yang disebabkan parasit dalam aliran darah. Penularannya dapat terjadi biasanya melalui gigitan salah satu serangga yang berupa lalat pasir, yang banyak dijumpai di Timur Tengah. Penyakit ini paling mudah diketahui dari adanya luka terbuka di bagian kulit, yang terasa menyakitkan dan juga akan meninggalkan bekas permanen.

Jenis Leishmaniasis
Bukan hanya satu jenis, penyakit ini memiliki beberapa jenis yang kesemuanya sangat sulit untuk disembuhkan. Cutaeous leishmaniasis adalah penyakit yang paling banyak dijumpai di Suriah, dengan meninggalkan luka terbuka di bagian kulit yang terinfeksi. Adapula jenis mukokutan leishmaniasis yang dapat menggerogoti membran di bagian hidung, mulut dan juga tenggorokan.

Sedangkan Visceral leishmaniasis merupakan tahapan yang paling parah yang ditandai dengan demam yang sertai dengan pembengkakan hati dan juga limpa. Jika tidak segera diobati, maka penyakit ini dapat berakibat fatal terutama pada balita yang mempunyai sistem kekebalan yang belum sempurna.

Wilayah Epidemik
Sudah melebihi ratusan ribu orang sudah tergerogoti oleh penyakit ini di Suriah. Namun penyakit ini tergolong penyakit tripis yang juga dapat dengan cepat berkembang di Indonesia sebagai negara tropis. Meski tidak seperti penderita di Suriah yang sudah sangat banyak, penyakit ini juga telah terjadi di Libanon, Turki, Libya dan Yaman. Selain itu, leishmaniasis mukokutan juga sudah menjangkiti sebagian Afghanistan, Brazil, Kolombia, Iran, dan juga Arab. Sementara untuk virus yang lebih mematikan seperti visceral leishmaniasis telah banyak menjangkiti warga di daerah Bangladesh, Ethiopia, India, dan juga Sudan.

Organ yang diserang
Penyakit yang disebabkan oleh protozoa ini ditularkan lewat gigitan serangga sejenis lalat genus Lutzomyia dan Phlebotomus. Parasit ini dapat menyerang sel imun pada tubuh terutama anak – anak yang rentan sekali tenjangkit virus ini. Virus ini dapat menyebabkan luka terbuka yang dapat sangat menyakitkan dan sangat sering menyebabkan kerusakan pada kulit secara permanen dan dapat menyerang organ lain. Luka yang diakibatkan oleh penyakit ini juga rentan terhadap infeksi sekunder dan dapat menyebabkan penyebaran penyakit ini lebih lanjut.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 16 =

%d bloggers like this: