Cara Mengatasi Milk Blister Pada Wanita Menyusui

Loading...

Pemberian ASI secara ekslusif sangat disarankan karena dapat membantu tumbuh-kembang anak secara optimal. Dengan memberikan ASI secara ekslusif juga dapat berdampak pada kondisi psikis yang dapat menjaga hubungan batin antara ibu dan anak. Namun proses ini bukan proses yang sepenuhnya mudah. Seringkali Anda mengalami kendala dalam proses ini contohnya dengan membagi waktu dengan pekerjaan Anda yang lainnya.

Cara Mengatasi Milk Blister Pada Wanita Menyusui

Milk blister merupakan masalah yang seringkali dihadapi pada saat melakukan proses menyusui. Biasanya hal ini akan ditandai adanya bintil putih seperti jerawat yang dapat mengganggu proses menyusui. Milk blister ini dapat terjadi apabila puting telah mengalami lecet sehingga akan membentuk kulit baru.

Pada proses ini terdapat sisa dari ASI yang akhirnya dapat menutupi pori-pori yang akan menyebabkan saluran ASI menjadi tertutup. Biasanya hal ini akan menyerupai bintil putih seperti jerawat yang akan ditandai dengan rasa sakit yang tidak tertahankan pada area yang terkena infeksi tersebut. Sakit ini akan ditimbulkan karena saluran pada ASI yang tersumbat kemudian tidak menemukan jalan keluar seperti biasanya.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda dilakukan untuk mengatasi milk blister saat menyusui :

Menggunakan Air Hangat
Anda dapat menggunakan air hangat yang berguna untuk melancarkan ASI kembali karena hal ini sering terjadi pada saat proses pemberian ASI. Anda juga dapat mengompres payudara menggunakan air hangat tiap kali Anda sudah menyusui anak Anda. Sebaiknya Anda melakukan hal ini secara teratur untuk mencegah milk blister. Selain itu, Anda juga dapat mengompres payudara menggunakan larutan garam. Hal ini sangat berguna untuk membantu membuka pori-pori yang tersumbat .

Membersihkan sisa ASI yang menghambat
Sebaiknya juga Anda membersikan payudara yang terkena milk blister dengan menggunakan handuk kecil setiap Anda telah menyusui. Selain dengan cara itu, membersihkan milk blister juga dapat dengan menggunakan bantuan medis yang biasanya menggunakan jarum yang sudah disterilkan.

Umumnya hal ini akan dilakukan setelah berkonsultasi dengan dokter dan keadaan ini telah menggangu kenyamanan dari proses menyusui maka biasanya dokter akan membersihkan payudara di bagian yang terkena milk blister yang kemudian menggunakan air hangat untuk dapat mengompres dan juga menggunakan jarum untuk mengangkat bagian yang tersumbat sehingga dapat memberikan jalan kembali saluran ASI.

Tetap memberikan ASI
Anda juga dapat tetap memberikan ASI Anda dengan menggunakan pompa ASI. Mulai sekarang dapat memulai memberikan ASI menggunakan dot yang sudah diisi dengan ASI kemudian Anda dapat menghangatkanya sebelum anak Anda akan meminumnya. Dengan ini maka masalah bagi ibu dalam proses menyusui akan sedikit terbantu. Pemberikan ASI ekslusif dapat menjaga kesehatan bayi Anda serta memberikan asupan yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang yang optimal.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 − 2 =

%d bloggers like this: