Tips Menyusui di Tempat Umum

Loading...

Bagi seorang ibu yang sedang dalam masa menyusui sangat tidak nyaman untuk menyusui anak di tempat umum. Namun jika anak terus rewel dan kehausan tentulah Anda akan tetap menyusuinya walaupun dengan perasaan tidak nyaman dan merasa seperti terus-terusan dilihat orang.

Tips Menyusui di Tempat Umum

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat ketika Anda akan menyusui di tempat umum :

Pakaian yang nyaman untuk ibu menyusui
Anda dapat menggunakan pakaian yang nyaman agar Anda dapat merasa lebih nyaman saat akan menyusui di depan umum. Sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang dilengkapi dengan kancing depan yang longgar. Dengan menggunakan pakaian jenis ini Anda tidak perlu mengangkat seluruh bagian baju Anda untuk dapat menyusui. Sebaiknya Anda juga tidak menggunakan baju yang ketat karena hal ini dapat mempersulit dan membuat Anda tidak nyaman selama proses menyusui berlangsung.

Buatlah posisi bayi nyaman dan tidak menghalangi udara masuk
Ketika Anda akan memutuskan menggunakan penutup ASI maka sebaiknya terlebih dahulu Anda memastikan bahwa bayi Anda tidak kesulitan bernapas. Sebaiknya juga Anda menggunakan penutup yang mempunyai bahan tidak terlalu tebal, hal ini bertujuan agar udara yang masuk ke dalam bagian kain masih dapat diserap dengan baik oleh bayi Anda.

Gunakan bra yang sesuai dengan ibu menyusui
Anda juga dapat menggunakan bra khusus yang mempunyai cup yang mudah untuk dibuka dengan mudah untuk memulai menyusui bayi Anda. Sebaiknya juga Anda menggunakan bra yang tidak terlalu ketat, hal ini akan membuat bayi Anda kesulitan untuk mencapai putting payudara karena jika menggunakan bra yang terlalu sempit payudara Anda akan menjadi terangkat.

Berikan ASI sebelum bepergian sehingga bayi kenyang
Untuk cara yang lebih baik Anda dapat memberikan ASI kepada anak Anda sebelum berpergian sampai anak merasa kenyang. Untuk Anda yang mempunyai bayi di atas 6 bulan sebaiknya Anda memberikan makanan padat sebagai pelengkap. Hal ini dapat dilakukan agar bayi Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Jika Anda masih merasa tidak nyaman untuk meyusui anak Anda di tempat umum sebaiknya Anda memompa ASI dan memasukkannya ke dalam botol dot.

Pilihlah tempat untuk menyusui yang tersedia di pusat perbelanjaan
Umumnya, pada pusat perbelanjaan akan disediakan tempat khusus untuk menyusui bayi Anda dapat memilih tempat ini pada saat Anda berbelanja. Pada tempat ini biasanya Anda akan lebih leluasa untuk menyusui. Dengan cara ini Anda dan juga bayi Anda akan merasa lebih nyaman walaupun menyusui di luar rumah. Anda juga dapat menyiapkan tissue untuk dapat mengelap bagian tubuh bayi Anda yang terkena ASI. Anda juga dapat menyediakan kain yang digunakan untuk menutupi payudara Anda jika menyusui di tempat ini masih membuat Anda merasa tidak nyaman.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + twelve =

%d bloggers like this: