Tips Dalam Memilih Bra Untuk Menyusui

Loading...

Perubahan yang terjadi pada payudara normalnya terjadi pada trimester pertama pada masa kehamilan. Dan bagi sebagian wanita akan mengatasinya dengan menggunakan bra yang cocok. Jika Anda akan membeli bra baru selama masa kehamilan, namun jangan melupakan untuk mempersiapkan bra khusus untuk menyusui.

Tips Dalam Memilih Bra Untuk Menyusui

Untuk memudahkan Anda dalam memilih bra untuk menyusui, berikut ini merupakan beberapa tips dalamĀ memilih bra untuk menyusui :

Bra yang dapat dibuka dengan satu tangan
Bayi yang baru lahir biasanya sangat sering menyusu pada waktu yang tidak terduga. Sebaiknya jika Anda menggunakan bra yang dapat dibuka dengan satu tangan, hal ini akan lebih mempermudah Anda. Sedangkan bagi Anda yang sering berpergian sebaiknya Anda menggunakan bra yang dapat dibuka di bagian cup nya saja, bra seperti ini juga akan mempermudah Anda untuk dapat memberikan ASI. Dan juga mempermudah bayi Anda dalam proses menyusu.

Ukuran bra
Pemilihan ukuran bra yang pas juga akan membuat Anda lebih nyaman pada saat proses menyusui. Sebaiknya Anda menghindari menggunakan dan memilih bra yang terlalu ketat, karena hal ini akan membuat payudara Anda tertekan, sakit dan juga menjadi tidak nyaman. Apabila hal ini dibiarkan terus-menerus terjadi akan dapat menghambat proses menyusui. Namun, penggunakan bra yang terlalu besar juga akan membuat Anda dan bayi Anda kesulitan untuk mencari puting payudara.

Menghindari underwires
Jika Anda lebih senang memilih bra jenis underwire, maka sebaiknya Anda menghindari jika akan menggunakannya di minggu awal kelahiran. Pada saat ini jaringan penghasil susu pada payudara akan meluas sehingga sampai ke tulang rusuk dan ketiak Anda. Sebuah bra berjenis underwire akan dapat menghalangi saluran kelenjaran susu pada daerah itu. Bra jenis ini akan menjadi tidak nyaman jika Anda gunakan selama masa kehamilan.

Pemilihan Cup
Cup yang ada di bra juga harus terbuat dari kain yang mudah menyerap keringat. Hal ini sangat penting dan berguna untuk membuat Anda nyaman ketika menggunakannya. Biasanya cup pada bra banyak yang menggunakan bahan katun. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan kain pada cup bra yang menggunakan bahan sintetis karena hal ini dapat mengakibatkan terjadinya perangkap kelembaban pada bagian puting dan akan lebih mendorong pertumbuhan bakteri yang berakibat timbulnya rasa nyeri.

Sebaiknya juga Anda membeli bra yang khusus untuk ibu menyusui, usahakan untuk tidak membeli bra yang berlapis plastik. Pada masa ini juga sebagian wanita akan mengalami puting yang menjadi lecet Anda sebaiknya juga memilih bahan bra yang lebih lembut dan tidak mudah menempel.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 10 =

%d bloggers like this: