Obat Flu Untuk Ibu Menyusui

Loading...

Jika Anda sedang dalam masa menyusui dan juga terkena sakit flu Anda haruslah memperhatikan asupan obat yang masuk dalam tubuh Anda. Obat yang akan Anda konsumsi haruslah Anda perhatikan baik-baik jangan sampai Anda mengkonsumsi sembarang obat yang akan berdampak buruk bagi Anda dan juga bagi kesehatan anak Anda. Penyakit flu merupakan penyakit yang tidak terlalu berbahaya dan biasa menyerang manusia ketika antibodi yang dimiliki sedang lemah hal ini disebabkan oleh karena virus yang bernama influenza.

Obat Flu Untuk Ibu Menyusui

Salah satu gejala apabila seseorang terkena flu biasanya ditandai dengan bersin-bersin, kepala yang pusing dan berat, hidung tersumbat, tenggorokan sakit, dan ada juga yang disertai dengan batuk. Meskipun flu adalah penyakit yang biasa menyerang semua usia, hal ini tentunya akan berbeda jika menyerang Anda yang sedang dalam masa menyusui. Maka dari itu Anda haruslah menjaga asupan makanan agar terhindar dari virus yang satu ini. Hal ini karena banyak obat-obatan yang tidak dapat Anda konsumsi pada saat sedang menyusui. Maka dari itu dianjurkan agar sebelum mengkonsumsi obat ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Obat Alami
– Usahakan untuk memperbanyak istirahat dan untuk selalu minum air putih dalam keadaan hangat minimal 2,5 liter sehari.
– Usahakan juga untuk lebih rutin mengkonsumi vitamin C, sayuran, serta buah-buahan.
– Pada saat menyusui selalu gunakan masker untuk menghindari penularan virus pada anak.
– Untuk dapat menyembuhkan hidung tersumbat, Anda juga dapat mengatasinya dengan cara menghirup uap panas yang dapat ditambahkan beberapa tetes minyak kayu putih selama beberapa menit untuk melegakan hidung yang tersumbat.
– Anda juga dapat meminum air jahe hangat. Kemudian melakukan pijatan lembut di bagian kepala agar dapat menghilangkan pusing di kepala.
– Untuk sakit tenggorokan Anda dapat meminum air jeruk nipis hangat yang telah ditambahkan madu.

Obat Kimia
Apabila Anda pada akhirnya harus meminum obat, maka sebaiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hal ini dapat diberikan obat yang aman bagi bayi Anda dan juga untuk produksi ASI anda.

Berikut ini merupakan golongan obat yang aman untuk Anda konsumsi :
– Nasal spray, yang mengandung Beclometasone dan Cromlyn sodium yang dapat digunakan untuk obat pilek disertai hidung tersumbat karena alergi.
– Pesudoefedrin juga berguna untuk hidung tersumbat, namun sebaiknya Anda minimalisir penggunaannya karena dapat menyebabkan penurunan kualitas ASI.
– Parasetamol dan ibuprofen yang berguna untuk menurunkan demam bagi Anda yang menderita flu disertai dengan demam.
– Guinafenesin, Dextromtophan yang berguna untuk mengurangi batuk.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten − 9 =

%d bloggers like this: