Manfaat Membaca Dongeng Untuk Anak

Loading...

Mungkin pada zaman dahulu mendongeng menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para orang tua sebelum anaknya akan tidur. Namun sekarang ini lebih banyak anak yang bermain gadget pada setiap kesempatan termasuk saat akan sedang tidur. Tentunya hal ini tidak baik karena penggunaan gadget yang terlalu lama akan dapat merusak mata anak. Padahal dengan membacakan dongeng terdapat banyak sekali keuntungan yang di dapat bagi anak-anak.

Manfaat Membaca Dongeng Untuk Anak

Manfaat dari membacakan dongeng untuk anak sangatlah banyak contohnya saja dapat merekatkan hubungan Anda sebagai orang tua dengan anak serta dengan mendongeng juga dapat membantu untuk mengoptimalkan perkembangan psikologis serta kecerdasan emosional anak.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat lainnya dalam membacakan dongeng untuk anak :

Mengembangkan Daya Imajinasi Anak
Perlu Anda ketahui bahwa dunia anak merupakan dunia imajinasi. Jadi anak biasanya akan mempunyai dunianya sendiri dan tidak jarang mereka berbicara dengan teman khayalannya. Anak yang mempunyai daya imajinasi yang sangat bagus, maka Anda sebagai orang tua tentunya harus bisa mengarahkannya ke arah yang lebih positif. Dengan menggunakan media dongeng maka anak memiliki cara terbaik untuk menjadikan anak lebih positif.

Meningkatkan Keterampilan dalam Berbahasa
Dongeng juga merupakan stimulasi yang dapat merangsang keterampilan berbahasa. Dongeng juga mampu merangsang anak terutama anak perempuan. Anak perempuan akan lebih fokus dan juga konsentrasi dibandingkan dengan anak laki-laki sehingga akan meningkatkan kemampuan keterampilan berbahasanya.

Membangkitkan Minat Baca Anak
Apabila Anda ingin memiliki anak yang mempunyai terhadap minat baca yang baik, maka salah satu cara agar anak memiliki minat membaca adalah dengan cara mendongeng. Dengan memberikan cerita maka anak-anak akan tertarik dan juga memiliki rasa penasaran. Hal ini tentunya akan membuat anak ingin mencari tahu.

Membangun Kecerdasan Emosional Anak
Mendongeng kepada anak juga dapat membangkitkan kecerdasan emosional dan ini merupakan sarana yang baik yang juga mampu merekatkan hubungan orang tua dan anak. Seperti yang Anda ketahui bahwa beberapa anak akan mempunyai kesulitan dalam mempelajari nilai serta moral dalam kehidupan.

Dengan Anda membacakannya dongeng anak akan diberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang Anda bacakan. Dongeng yang dibacakan pada anak-anak juga akan akan membantu anak dalam menyerap banyak nilai-nilai emosional pada sesama.

Membentuk Rasa Empati Anak
Melalui stimulasi yang menggunakan cerita dongeng bagi anak, maka kepekaan anak pada usia 3 sampai dengan 7 tahun akan dirangsang. Dengan metode dongeng bagi anak ini maka anak akan belajar berempati pada lingkungan sekitar. Stimulasi akan lebih berhasil adalah yang dapat merangsang indera pendengarannya.

Sangat penting bagi Anda untuk memberikan stimulasi guna memberikan mereka bekal yang sangat baik bagi masa depannya. Dengan mendongengkan cerita-cerita dongeng yang mendidik, anak akan dengan mudah menyerap banyak nilai positif yang tentunya akan menjadikan mereka menjadi anak yang berempati.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 3 =

%d bloggers like this: