Cara Agar Anak Terbiasa Bangun Pagi

Loading...

Mungkin bagi Anda para orang tua banyak yang akan mengeluh karena anak sulit untuk dibangunkan pada pagi hari. Tentu saja salah satu kebiasaan membangunkan anak pada pagi hari ini dapat menimbulkan kesulitan dan juga rasa frustasi.

Cara Agar Anak Terbiasa Bangun Pagi

Berikut ini merupakan beberapa cara agar anak terbiasa bangun pagi :

Kenali kebiasaan tidur anak
Sebagai orang tua Anda juga selalu memperhatikan kebiasaan anak sehari-hari. Bagaimana dan kapan anak terbiasa untuk tertidur pada malam harinya. Apakah anak Anda dapat tidur dengan cepat atau lebih sering kesulitan tidur setiap malam. Ternyata pada kebiasaan anak yang susah bangun pada pagi hari juga dapat terjadi dikarenakan anak tidak bisa tidur pada malam hari. Jika anak Anda mengalami susah tidur di malam hari sebaiknya Anda juga memperhatikan asupan makan pada malam harinya.

Salah satu cara agar anak lebih nyaman pada saat tidur adalah dengan tidak memberi anak makan malam secara berlebihan. Berikan porsi sedang dengan gizi yang seimbang serta usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kafein.

Pastikan anak tidur dengan nyenyak
Bagi anak yang sulit untuk bangun meskipun tidak mengalami kesulitan pada saat tidur di malam hari. Ada baiknya jika Anda memberikan anak waktu tidur tambahan. Anda dapat menyuruh anak Anda tidur lebih awal dan juga dengan menambahkan waktu tidurnya.

Coba trik-trik untuk membangunkan anak
Anak-anak tentunya memiliki ciri khas masing-masing. Ada yang lebih suka tidur dengan lampu yang menyala. Ada yang lebih menyukai tidur dengan lampu yang agak redup. Bahkan ada juga yang tidur dengan kamar dalam keadaan gelap. Begitu juga ketika Anda akan membangunkan anak. Ada beberapa trik yang umumnya berbeda untuk setiap anak. Untuk itu sebaiknya Anda sebagai orang tua memperhatikan kebiasaan ini.

Memberikan tanggung jawab
Agar anak tidak selalu bergantung dengan Anda untuk membangunkannya setiap pagi. Sebaiknya Anda juga mulai mengajarkan anak serta membiasakannya untuk bangun dengan menggunakan jam weker. Hal ini berguna untuk mengantisipasi kebiasaan susah bangun ketika anak beranjak dewasa.

Jauhkan TV dan komputer dari kamar
Sebaiknya Anda juga tidak meletakkan TV atau komputer dalam kamar tidur. Kedua benda ini harus dijauhkan dari anak sebelum anak akan tidur karena TV dan komputer akan membuat anak Anda lebih sulit untuk tidur. Bukan hanya itu saja, dengan membuat kamar anak memiliki jendela yang menghadap ke bagian luar akan membuat cahaya matahari masuk ke dalam kamar sehingga dapat membangunkan anak dengan alami di setiap pagi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 5 =

%d bloggers like this: