Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak

Loading...

Masa pertumbuhan pada saat anak masih bayi hingga berusia remaja merupakan waktu yang sangat tepat untuk dapat merangsang perkembangan anak, termasuk juga dalam perkembangan kecerdasan otaknya. Tentunya ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan anak, mulai dari faktor keturunan, lingkungan dan tentunya yang paling penting adalah asupan makanan yang diperoleh. Apabila Anda ingin anak Anda tumbuh menjadi anak yang cerdas, berikanlah asupan makanan yang bergizi dan juga sehat agar nutrisi pada otaknya dapat terpenuhi.

Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak

Berikut ini merupakan makanan-makanan terbaik yang dapat merangsang perkembangan serta kecerdasan otak anak :

Susu
Susu adalah salah satu asupan yang sangat diajurkan pada anak baik itu ASI maupun juga susu formula yang merupakan minuman sehat yang kaya akan banyak sumber nutrisi seperti protein, kalium, kalsium vitamin B dan vitamin D yang sangat berperan sebagai nutrisi penting dalam pertumbungan jaringan otak, neurotransmitter serta enzim. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, Anda juga bisa memberikan manfaat susu kepada anak Anda dalam bentuk lain seperti contohnya yogurt dan keju.

Telur
Telur merupakan salah sumber protein yang paling mudah untuk didapatkan dan sangat mudah diolah. Selain dari segi harganya yang murah, telur dapat divariasikan menjadi banyak makanan yang menarik untuk anak Anda. Kuning telur juga diketahui banyak mengandung kolin yang tentunya dapat membantu perkembangan otak anak. Namun konsumsi telur juga tidak boleh terlalu banyak, karena kuning telur ini juga mengandung kolesterol yang tidak akan baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Gandum utuh dan beras merah
Biji-bijian dan juga kacang-kacangan juga sangat baik bagi pertumbuhan otak anak karena mengandung karbohidrat komplek contohnya seperti beras merah dan gandum utuh. Gandum utuh dilengkapi dengan vitamin E, potasium serta zinc yang dapat mendukung tubuh serta otak untuk bekerja secara lebih optimal. Kandungan seratnya yang tinggi juga sangat baik bagi kesehatan anak, terutama untuk kesehatan organ pencernaannya.

Sayuran berwarna
Bahan makanan lainnya yang alami dan juga berwarna cerah adalah sayuran seperti wortel, tomat dan juga bayam yang merupakan makanan dengan segudang nutrisi. Semakin cerah dan segar warna sayuran, maka akan semakin tinggi pula kandung zat antioksidannya. Antioksidan serta nutrisi baik lain banyak terkandung pada sayuran berwarna hal ini berguna untuk mendorong sel-sel otak untuk dapat berkembang menjadi lebih kuat dan sehat. Akan lebih baik lagi jika Anda memberikan makanan ini secara bervariasi sehingga anak menjadi tidak bosan dan secara seimbang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 5 =

%d bloggers like this: