Cemilan Sehat Untuk Perkembangan Anak

Loading...

Apabila anak Anda sering merengek untuk dapat diberikan cemilan, tentunya Anda harus memikirkan camilan apa yang baik bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan Anda juga harus selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi anak. Apabila Anda telah memilih makanan utama yang bergizi, bukan berarti Anda dapat asal dalam memilih cemilan untuk anak. Walaupun makanan ini hanya dijadikan sebagai selingan, Anda juga tetap harus memperhatikan kandungan zat gizi yang terkandung dalam cemilan.

Cemilan Sehat Untuk Perkembangan Anak

Berikut ini merupakan beberapa camilan sehat untuk perkembangan anak :

Sereal & biskuit gandum
Sereal serta biskut yang terbuat dari bahan dasar gandum juga dapat menjadi alternatif cemilan sehat yang dapat Anda berikan untuk anak. Cemilan ini sangat baik untuk perkembangan otak serta pada saraf motorik anak. Kandungan yang banyak dalam seratnya juga mampu memberikan energi untuk anak. Sementara kandungan vitamin E, vitamin B, zink dan juga kalium yang tinggi juga dapat mengoptimalkan fungsi dari kerja otaknya.

Yogurt & keju
Produk olahan berbahan dasar susu seperti yogurt dan juga keju memang terkenal dengan kandungan protein serta vitaminnya yang tinggi. Protein dan juga vitamin B pada olahan susu ini juga memiliki peranan yang penting untuk mendukung pertumbuhan jaringan otak. Bukan hanya itu, susu dan yogurt juga banyak mengandung vitamin D yang sangat penting untuk perkembangan otot dan juga saraf anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Keripik sayur dan buah
Apabila anak Anda tidak menyukai untuk makan sayur dan buah, Anda tetap dapat memberikan buah serta sayuran yang sudah dalam variasi bentuk atau dikreasikan menjadi keripik sayur dan buah. Rasanya yang renyah dan tentunya enak pasti membuat anak ketagihan untuk makan cemilan berbahan dasar sayur dan buah yang tentunya sangat sehat.

Anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah atau cara yang praktis Anda juga bisa membeli keripik buah dan sayur yang banyak dijual di pasaran. Namun, apabila Anda akan membeli keripik dalam kemasan, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kandungannya. Sebaiknya Anda memilih keripik buah dan sayur yang murni, yang dalam artian tidak ditambahkan pemanis buatan dan pengawet.

Smoothies
Ada cara lain untuk membuat anak Anda mau mengkonsumsi sayur serta buah-buahan adalah dengan membuatkan anak camilan sehat berupa smoothies. Kombinasi dari beberapa macam buah dan juga sayur seperti kiwi, jeruk, pisang, nanas serta bayam. Lalu Anda juga dapat menambahkan yogurt atau susu rendah lemak ke dalam smoothies yang Anda buat.

Nutrisi yang akan didapatkan anak dari smoothies pastinya tidak kalah dengan nutrisi pada sayur dan buah yang segar. Warnanya yang tampak menarik dan tentunya rasanya yang enak akan membuat anak ketagihan dengan minuman sehat ini.

Agar-agar
Daripada Anda membelikan anak jajanan yang belum tentu terjamin sehatnya, lebih baik Anda membuatkan agar-agar untuk anak Anda. Kandungan serat yang sangat tinggi pada agar-agar akan membuatnya menjadi salah satu cemilan yang baik untuk anak Anda. Anda juga bisa menambahkan potongan buah segar ke dalam agar-agar.

Anda juga dapat membentuknya dengan cetakan yang lucu untuk menarik minat anak Anda. Selain sehat, agar-agar juga bisa membuat anak Anda merasa kenyang lebih lama.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 9 =

%d bloggers like this: