Cara Mengatasi Puting Lecet


Puting lecet merupakan hal terburuk yang dapat dialami wanita yang sedang dalam proses menyusui. Beberapa wanita mengalami hal ini dalam jangka waktu tertentu baik itu dalam waktu yang singkat maupun lebih lama. Anda yang mengalami putting lecet tentunya akan lebih sering menunda menyusui atau juga memerah ASI. Hal ini akan mempengaruhi produksi dari ASI itu sendiri.

Cara Mengatasi Puting Lecet

Salah satu cara agar puting tidak lecet adalah dengan memasukkan aerola sebanyak-banyaknya ke dalam mulut bayi. Bagian puting yang terletak di antara langit-langit dan mulut bayi pada proses menyusui akan membantu mengatasi lecet yang terjadi pada puting. Perhatikan juga kondisi dari pipi bayi yang menyusu dengan benar yaitu akan terlihat menggembung. Sebaliknya jika pipinya ‘kempot’ berarti bayi meyusu pada posisi yang tidak tepat hingga akan dapat menimbulkan risiko dari puting yang lecet.

Selain salah satu cara di atas, ada beberapa cara lainnya untuk mengatasi puting yang lecet :

ASI sebagai Obat Alami Puting Lecet
Sebaiknya sebelum Anda akan menyusui oleskan terlebih dahulu sedikit ASI pada payudara Anda. Aroma dari ASI di permukaan puting akan memicu bayi untuk segera menyusui. Apabila Anda telah selesai menyusui sebaiknya oleskan lagi ASI dan usapkan ke seluruh bagian puting dan pada sekitar areola. ASI memiliki kualitas penyembuhan yang alami. Alternatif lain adalah dengan menggunakan salep lanonin.

Berikan ASI lebih sering walaupun sebentar
Umumnya jika Anda mengalami lecet pada puting, maka biasanya Anda enggan menyusui karena akan merasa kesakitan selama proses tersebut. Namun apabila Anda memilih untuk tidak menyusui juga sebetulnya bukanlah hal yang benar. Pasokan ASI yang berlebih di dalam payudara juga akan mengakibatkan masalah lain, jadi walaupun hanya sebentar, tetap berikan ASI kepada anak Anda.

Hal ini tidak akan memperparah kondisi lecet itu. Setiap dua atau juga tiga jam ada baiknya jika Anda menyuruh bayi untuk menghisap ASI Anda. Hal ini berguna agar ada perintah ke otak untuk dapat memproduksi hormon oksitosin dan juga prolaktin sehingga produksi ASI menjadi lebih lancar.

Jaga kelembaban payudara
Kondisi puting yang terus lembab akan memperparah lecet. Untuk itu, usahakan agar puting dalam keadaan tetap kering. Namun jangan Anda cuci dengan sabun, kandungan bahan kimia pada sabun akan memperparah lecet. Bersihkan saja menggunakan air hangat atau Anda dapat menggunakan breast shild plastik di bawah bra untuk dapat meminimalisir gesekan payudara dengan bra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 − 1 =

%d bloggers like this: