Tips Memilih Sikat Gigi Untuk Anak

Loading...

Biasanya pada balita telah tumbuh gigi meskipun masih berupa gigi susu yang nantinya nanti akan tanggal dan akan digantikan dengan gigi yang tetap. Namun bukan berarti anak tidak wajib untuk menjaga giginya tersebut. Membiasakan anak untuk menyikat gigi sejak dini sangatlah disarankan, bahkan kegiatan ini dapat dilakukan sejak gigi susunya baru akan tumbuh. Dengan rutin menyikat gigi anak juga dapat menjaga kebersihan mulut serta mengurangi resiko bayi terserang penyakit.

Tips Memilih Sikat Gigi Untuk Anak

Mulut adalah jalur utama masuknya makanan pada pencernaan dan apabila gigi pada anakjarang dibersihkan akan menyebabkan sisa-sisa makanan yang menumpuk pada mulut dan dapat mengundang bakteri masuk ke dalam sistem pencernaan, sehingga dapat juga menimbulkan banyak gangguan pencernaan pada anak. Selain hal ini sangat berguna untuk dapat menjaga kesehatan mulut, ini juga akan membuat anak Anda lebih merasa nyaman jika telah diajarkan untuk menggunakan sikat gigi sejak awal. Tapi tentu saja sebaiknya Anda memberikan sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan dan juga pertumbuhan giginya. Anda juga dapat melihat produk sikat gigi untuk anak disini.

Berikut ini merupakan beberapa panduan memilih sikat gigi yang baik untuk anak:

• Sikat gigi yang digunakan untuk anak haruslah terbuat dari bahan yang aman. Karena sikat gigi ini akan dimasukkan ke dalam mulut. Anda dapat memastikan sikat gigi tersebut aman jika tidak terkandung BPA dan juga terbuat dari silikon yang fleksibel sehingga dapat dengan mudah ditekuk. Pastikan juga bahannya yang tidak menimbulkan alergi dan yang mudah untuk dibersihkan.

• Penggunaan sikat gigi pada anak juga haruslah mempunyai ukuran yang sesuai. Sebaiknya sikat gigi yang digunakan tidak terlalu panjang, agar anak nyaman memegangnya.

• Penggunaan sikat gigi dengan ujung kepala bulat yang kecil juga disarankan. Ini akan dapat membuat Anda dapat menyikat gigi dan juga gusinya secara detil sampai ke bagian dalam mulutnya. Sikat gigi jenis ini juga dapat menghindarkan kemungkinan anak tersedak pada saat menyikat gigi.

• Pilihlah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Gusi pada anak memiliki permukaan yang sangat lembut dan juga sensitif, sehingga untuk memilih sikat gigi bagi anak yang baru memiliki beberapa gigi adalah dengan menggunakan sikat dengan bulu yang sangat lembut agar tidak akan melukai gusinya.

• Memiliki pegangan yang mantap. Pastikan sikat gigi memiliki batas yang tegas di bagian pegangan untuk mencegah tangan Anda tidak terpeleset saat menyikat gigi si kecil. Pegangan yang licin dapat mengejutkan dan melukai mulut si kecil.

• Anda juga dapat memilih sikat gigi dengan desain serta warna menarik. Hal ini tentunya sangat penting untuk dapat membuat anak semakin antusias dalam menyikat giginya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 10 =

%d bloggers like this: