Mengenal Kebutuhan Gizi Bayi

Loading...

Masa pertumbuhan setiap anak memang rentan, apabila Anda sebagai orang tua salah mengambil sikap maka akan mengakibatkan pertumbuhan anak yang menjadi melambat. Selain itu, dampak buruk lainnya adalah anak dapat terserang berbagai macam penyakit. Setiap anak harus mendapatkan kebutuhan nutrisi yang harus tercukupi, hendaknya Anda memberikan nutrisi yang seimbang jangan sampai mereka kekurangan nutrisi.

Mengenal Kebutuhan Gizi Bayi

Namun tidak baik juga bila memberikannya berlebihan. Anda tentunya menginginkan bayi yang tumbuh sehat dan juga aktif agar masa perumbuhan anak Anda menjadi optimal.

Berikut ini adalah beberapa zat yang sangat dibutuhkan oleh bayi Anda :

Kalori
Bayi yang aktif akan selalu bergerak, apalagi menjelang dimana bayi telah bisa merangkak dan selalu ingin meraih sesuatu. Maka kebutuhan akan kalori juga harus sangat diperhatikan dan tercukupi. Banyak makanan yang mengandung kalori dengan terpenuhnya kebutuhan kalori maka anak Anda juga akan mendapatkan asupan gula, protein, lemak yang sehat dan juga karbohidrat komplek. Rata -rata bayi akan membutuhkan kalori sebanyak 1300 sampai dengan 1500 kkal untuk setiap harinya.

Lemak
Salah satu kegunaan dari lemak adalah untuk membentuk dinding atau juga membram sel otak pada bayi, beberapa sumber lemak diantaranya adalah makanan yang mengandung omega 3, mentega, roti serta ikan. Namun perhatikan juga pemberiannya jangan samapi Anda memberikan kandungan lemak yang berlebihan pada anak hal ini dapat memicu kolestrol dan dapan mengakibatkan obesitas.

Zat Besi
Zat besi merupakan salah satu zat yang berguna untuk meningkatkan oksigen dalam darah sehingga pemberian zat ini akan membantu perkembangan serta dapat menjaga kesehatan bayi.

Karbohidrat
Ini merupakan salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan dalam tubuh. Zat ini banyak terkandung dalam, beras, kentang, dan juga beberapa umbi-umbian lainnya.

Protein
Zat ini merupakan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh yang berguna untuk memelihara sel serta jaringan pada orga tubuh. Bukan hanya itu protein juga sangat berperan dalam perkembangan otak anak, ini karena sistem kinerjanya sebagai prekursor pada beurotransmitter. Protein juga banyak terdapat dalam makanan yang banyak mengandung susu, telur, daging dan beberapa jenis kacang.

Kalsium
Kalsium berguna untuk memperkuat tulang, kalsium juga sangat berguna untuk pertumbuhan gigi pada anak. Kalsium dapat dipenuhi dengan pemberian ASI pada 6 bulan pertama dan dapat ditambah dengan pemberian susu fomula.

Vitamin
Vitamin sangat banyak jenisnya namun yang sangat dibutuhkan bagi anak adalah vitamin A, vitamin C, vitamin D dan juga vitamin E. Pada keempat jenis yang tadi haruslah dipenuhi setiap hari guna benar terserap dalam tubuh anak.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 7 =

%d bloggers like this: