Tips Melakukan Olahraga Ringan Bagi Anak yang Sedang Berpuasa

Loading...

Bagi beberapa anak yang kurang menyukai olahraga bisa saja dikarenakan anak belum dapat mempraktekannya dengan baik dan rutin. Bagi beberapa anak, olahraga bisa terdengar sangat rumit karena menggunakan aturan main dan juga peralatan khusus. Bahkan ada juga yang menggunakan lapangan olahraga yang berbeda-beda ukurannya, ini akan terlihat memusingkan, terutama apabila anak Anda masih berusia dini.

Tips Melakukan Olahraga Ringan Bagi Anak yang Sedang Berpuasa

Berolahraga sangat mempengaruhi proses metabolisme tubuh. Pada saat berolahraga tubuh akan lebih merasa dehidrasi serta akan menurunkan daya tahan tubuh. Dari banyak peneliti yang membuktikan jika berolahraga dapat menyebabkan dehidrasi pada otot dan menurunkan kekuatan otot. Hal ini tentunya membuktikan jika berolahraga pada saat berpuasa tidak dianjurkan, karena akan banyak merugikan bagi tubuh. Namun apabila dilakukan dengan benar olahraga pada waktu puasa juga akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersemangat.

Cara berolahraga pada saat puasa yang dapat menyegarkan badan juga dapat dijalankan pada waktu sore hari ketika anak Anda sedang menunggu waktu berbuka. Bisa dilakukan dengan jalan-jalan kecil sambil menunggu datang adzan maghrib. Sehingga waktu maghrib juga tidak terlalu terasa lama. Menjalani olahraga pada saat puasa memanglah penting, namun yang perlu sangat diperhatikan harus juga disesuaikan dengan kemampuan serta kondisi tubuh anak . Jadi sebaiknya Anda memperhatikan jenis olahraga yang dijalani anak dan juga durasinya.

Berikut beberapa tips melakukan olahraga ringan bagi anak yang sedang berpuasa :

• Lakukan aktivitas olahraga setidaknya 30 menit pada saat menjelang waktu berbuka. Apabila Anda ingin mengajak anak melakukan olahraga pada malam hari, lebih baik Anda menunggu 2 jam setelah Anda berbuka. Namun untuk melakukan olahraga yang terbaik adalah dengan olahraga yang dilakukan pada pagi atau sore hari.

• Anda dapat mengajak anak Anda untuk melakukan olahraga ringan seperti bersepeda dan jogging. Latihan yang menggunakan beban sebaiknya tidak dilakukan pada saat puasa karena akan banyak menguras energi, sehingga mengajak anak melakukan olahraga jenis ini kurang tepat.

• Selain itu olahraga yang dilakukan pada saat mendekati waktu tidur sebaiknya juga dihindari. Hal ini untuk memberi kesempatan bagi tubuh anak Anda untuk beristirahat.

• Olahraga juga lebih baik jika dilakukan di tempat yang sejuk. Apabila olahraga dilakukan di area terbuka, sebaiknya juga Anda mengajak anak Anda untuk melakukan di kawasan yang sejuk. Dengan begitu, anak Anda akan terhindar dari rasa lelah dan munculnya rasa haus yang berlebihan.

• Cara untuk membuat anak gemar berolahraga adalah dengan cara menciptakan suasana yang sangat menyenangkan. Anak akan memutuskan untuk berhenti melakukan kegiatan olahraga karena banyak alasan, misalnya saja anak pernah mengalami cedera, anak merasa tidak berbakat, atau juga dengan lambat menguasai teknik pada saat berolahraga. Suasana yang menyenangkan sangat penting untuk apat membangkitkan semangat anak terhadap olahraga.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 19 =

%d bloggers like this: