Tips Agar Anak Tidak Mengantuk Saat Sahur

Loading...

Apabila Anda merasa usia anak Anda sudah cukup dan anak juga memiliki kondisi yang sehat, ada baiknya jika Anda sebagai orang tua mulai mengajak anak Anda untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Hal ini bukan hanya karena alasan keagamaan, berpuasa juga dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan fisik serta mental anak. Untuk membiasakan anak berpuasa memang tidaklah mudah, sehingga Anda akan membutuhkan kesabaran yang ekstra sehingga anak dapat berpuasa hingga satu hari penuh. Namun, jika Anda mulai mengajaknya berpuasa ada kalanya anak akan sulit dan juga rewel saat dibagunkan sahur.

Little boy sleeping with alarm clock near his head

Untuk dapat membangunkan anak pada waktu sahur memang menjadi tantangan bagi banyak orang tua. Pada ja-jam sahur, biasanya anak masih tidur dengan nyenyak sehingga Anda juga kadang tidak tega untuk membangunkannya. Bukan hanya anak-anak, remaja bahkan orang dewasa saja terkadang sulit ketika akan dibangunkan. Sahur sangat penting karena merupakan bekal untuk dapat berpuasa seharian penuh dan agar tetap bertenaga seharian, maka Anda perlu merancang cara untuk dapat membuat anak Anda terbangun.

Berikut ini merupakan beberapa tips agar anak tidak mengantuk saat sahur :

• Untuk dapat meminta anak bangun sahur Anda dapat meminta Anak untuk tidur lebih awal. Karena sahur akan mengubah jam tidur anak, sebaiknya Anda membiasakan anak untuk tidur dengan lebih awal dari biasanya. Sebaiknya juga jangan biarkan anak tidur siang untuk waktu yang terlalu lama agar anak lebih cepat tidur pada malam hari.

• Usahakan untuk selalu membangunkan anak dengan lembut dan juga penuh kasih sayang. Sebaiknya Anda juga membangunkan anak pada 40 menit sebelum waktu imsak. Hal ini bermanfaat agar waktu makan tidak terlalu lama ataupun tergesa-gesa. Perlu diingat dengan cara membangunkan anak pada saat sahur akan sangat berpengaruh pada mood mereka. Jika Anda melakukannya dengan salah maka akan berdampak anak akan uring-uringan atau akan menjadi rewel saat makan sahur. Pada saat bangun tidur, anak Anda sedang berada di gelombang alfa yang membuat tingkat kesadarannya menjadi lebih lemah. Maka semua yang dilihat dan juga didengar akan langsung diterima ke otak. Usahakan juga untuk membangunkan anak dengan raut wajah yang bahagia dan juga penuh kasih sayang.

• Beri juga pemahaman kepada anak tentang keutamaan dari makan sahur. Mengajarkan untuk terbiasa dengan banyak kebiasaan khas pada saat puasa tentunya akan banyak memerlukan kesabaran. Maka sangat penting agar anak lebih mudah bangun sahur, dengan memberi pemahaman mengenai keutamaan dan juga banyaknya manfaat makan sahur dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh anak. Banyak anak yang cenderung melakukan apa yang Anda katakan bila lebih memahami mengetahui maksud serta tujuannya.

• Anda juga dapat menyajikan menu sahur favorit anak. Hal ini bermanfaat agar anak semangat dan juga tidak mengantuk pada saat sahur.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + seven =

%d bloggers like this: