Tips Memilih Buku Bacaan Untuk Anak

Loading...

Kini anak Anda semakin tumbuh besar, dan biasanya mereka akan mulai tertarik dengan beberapa sumber bacaan. Anda sebagai orang tua tentunya akan senang jika melihat anak-anak mulai memiliki ketertarikan dengan buku, tentunya Anda juga ingin memberikan buku anak-anak yang akan anak Anda disenanginya. Jika anak Anda sudah mulai dapat membaca maka jangan tunda lagi, Anda dapat segera memberikannya buku yang dapat makin mengasah kemampuan membacanya. Namun Anda juga harus memperhatikan buku yang akan Anda berikan kepada anak.

Tips Memilih Buku Bacaan Untuk Anak

Berikut ini merupakan beberapa tips memilih buku bacaan untuk anak :

• Carilah buku yang berisi cerita seperti buku dongeng yang sebelumnya sering Anda bacakan sebagai dongeng sebelum tidur. Ada baiknya jika Anda memberikan bacaan yang sudah Anda bacakan untuknya guna mempertajam memori otaknya.

• Anda juga dapat memberikan buku dengan kalimat yang singkat serta sederhana sehingga akan memberikan kemudahan untuk anak dalam mengingatnya.

• Anda juga dapat memberikan buku yang Anda sukai pada saat Anda kecil dulu. Namun Anda perlu untuk tetap memperhatikan minat anak Anda terhadap buku yang akan Anda berikan.

• Pilihlah buku yang banyak mengandung illustrasi serta gambar yang menarik yang berhubungan dengan tema ceritanya. Gambar atau illustrasi tentu akan dapat membantu anak Anda untuk semakin mengerti akan isi cerita tersebut. Usahakan juga gambarnya yang berwarna dan menarik mata anak Anda.

• Pahami juga akan minat anak dan sangat disarankan untuk membeli buku yang juga sesuai dengan minatnya. Hal ini tentu dapat membuat anak Anda semakin tertarik dengan buku yang Anda belikan untuknya, dan akan membuat anak semakin antusias saat membaca. Jangan paksakan anak jika anak tidak sedang ingin membaca buku yang Anda berikan, hal ini akan berdampak menjadi malasnya anak saat belajar membaca.

• Cara lain agar anak menyalurkan bakat dan minat membacanya Anda dapat membawanya ke toko buku atau perpustakaan. Anda dapat memberikan keleluasaan untuk anak memilih buku yang disukainya.

• Pada saat berada di toko buku Anda juga dapat meminta pendapat dari petugas yang sedang berjaga ataupun sebelum Anda mencari buku sebaiknya jika Anda terlebih dahulu untuk mencari tahu via internet mengenai buku yang tepat berdasarkan usia anak Anda.

• Pilihlah juga buku untuk anak yang sudah terbukti kualitasnya, seperti halnya untuk buku -buku yang sudah meraih penghargaan atau juga buku yang penulisnya merupakan ahli anak dan dapat juga dipertimbangkan untuk menjadi buku pilihan bagi anak anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − fourteen =

%d bloggers like this: