Manfaat Puasa Untuk Anak

Loading...

Melatih anak berpuasa sejak dini tentunya mempunyai manfaat tersendiri. Hal yang paling banyak diketahui adalah puasa dapat membuat anak Anda lebih sehat. Jika anak biasanya dapat jajan dan makan tanpa terpantau oleh Anda, maka pada saat menjalankan puasa anak dapat mengkonsumsi makanan yang lebih bergizi yang sesuai dengan yang Anda berikan. Untuk dapat mengajak anak berpuasa Anda dapat melatihnya sedikit demi sedikit. Jika anak belum kuat untuk berpuasa satu hari penuh maka tidak ada salahnya untuk memberikan kelonggaran waktu dengan memperbolehkan anak berbuka pada siang hari.

Manfaat Puasa Untuk Anak

Jika Anda memaksakan anak untuk berpuasa satu hari penuh maka bisa jadi anak tidak mau untuk menjalankan ibadah puasa. Karena tingkat ketahanan pada setiap anak pastinya berbeda, sebaiknya Anda terlebih dahulu untuk melatih anak berpuasa dengan kemampuannya. Pada dasarnya, puasa bermanfaat untuk menyeimbangkan fungsi dalam tubuh, terutama pada fungsi sistem pencernaan. Pada saat berpuasa adalah waktu yang sangat tepat untuk dapat mengistirahatkan dan juga membersihkan seluruh pencernaan.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat puasa untuk anak :

• Puasa dapat membantu mengatur pola makan anak Anda. Pada saat anak melakukan ibadah puasa sebenarnya anak Anda tetap dapat makan besar dalam waktu 3 kali hanya saja ada perubahan waktu yang terjadi. Pada konsumsi makanan juga bukan berarti harus ditambahkan sebanyak – banyaknya. Sebaiknya Anda memberikan anak makanan dengan porsi yang semestinya dan juga selalu memperhatikan makanan dengan komposisi gizi yang seimbang. Namun dengan berpuasa akan melatih anak dalam mengontrol makanannya.

• Manfaat lainnya dari puasa ramadhan bagi kesehatan anak adalah pada bagian pencernaan yakni usus yang sehari-harinya selalu bekerja secara terus-menerus, maka dengan ini usus serta organ pencernaan lainnya akan diberi kesempatan untuk lebih banyak beristirahat.

• Pada saat anak Anda sedang menjalankan ibadah puasa, maka hormon dan organ tubuh lainnya tidak bekerja keras seperti biasanya. Pada saat ini tubuh akan melakukan pengeluaran banyak zat yang tak berguna lewat keringat, air seni atau pun pada saat anak BAB. Namun untuk dapat membuang zat tersebut dengan lancar hendaknya anak tetap mencukupi banyak makanan yang bernutrisi pada saat berbuka dan sahur.

• Banyak anak yang mempunyai kebiasaan ngemil makanan sambil menonton TV. Hal seperti ini akan dapat menyebabkan anak mempunyai kebiasaan yang akan selalu lapar sepanjang waktu. Pada saat Anda melakukannya dengan cara melatih anak berpuasa, kebiasaan ini dapat dihilangkan. Karena biasanya camilan banyak yang mengandung gula berlebih hal ini juga tidak baik untuk kesehatan anak.

• Selain itu, dengan melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan juga dapat melatih anak beribadah, misalnya dengan cara salat berjamaah, mengaji, hafalan doa dan sebagainya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =

%d bloggers like this: