Tips Mengatasi Phobia Gelap Pada Anak

Loading...

Salah satu kebiasaan anak yang harus dilatih sejak dini adalah untuk dapat tidur di kamar sendiri. Namun ada beberapa anak yang tidak mau atau takut jika diminta untuk tidur sendiri di dalam kamar. Salah satu alasannya yang paling banyak diutarakan adalah karena anak takut dengan gelap. Beberapa anak mungkin berimajinasi dengan keadaan gelap adanya ketakutan terhadap monster di dalam lemari atau juga dengan beberapa hal lainnya yang akan muncul pada saat keadaan ruangan kamar gelap. Dengan keadaan yang begini tentunya anak tidak akan dapat tidur dengan nyenyak. Untuk mensiasatinya Anda harus pintar-pintar agar anak tidak lagi takut pada kondisi yang gelap.

Tips Mengatasi Phobia Gelap Pada Anak

Berikut ini beberapa tips mengatasi phobia gelap pada anak:

Kenali penyebab ketakutan gelap pada anak
Mulailah dengan cara mengidentifikasi rasa takut pada anak. Biarkan anak bercerita akan ketakutannya, sebaiknya Anda mendengarkan cerita yang anak sampaikan. Tanyakan juga pertanyaan terbuka yang memungkinkan anak untuk dapat memberitahu apa yang membuat mereka takut pada tidur dalam gelap. Sangat dilarang untuk mengolok-olok ketakutan anak. Apa yang mungkin lebih tampak lucu untuk Anda dapat menjadi sangat nyata untuk anak.

Berikan keyakinan gelap akan tetap memberikan kenyamanan
Beberapa anak memang sering kali akan mengalami kesulitan tidur dikarenakan ketakutan dalam ruangan yang gelap. Bahkan untuk beberapa anak tidak dapat menghabiskan malamnya dengan tenang di kamar sendiri. Rasa cemas ini sering kali dirasakan oleh anak pada waktu malam. Maka dari itu sebaiknya Anda mengurangi kegelapan di dalam kamar anak Anda. Kemudian Anda dapat memberitahu anak bahwa semuanya baik-baik saja, bahwa mereka aman, tidak ada yang akan mengganggunya, dan juga mereka dapat tidur dengan nyaman di tempat tidur sepanjang malam. Anda juga dapat mengajarkan anak Anda untuk percaya bahwa tempat tidur sendiri merupakan tempat yang aman.

Membangun kepercayaan diri anak
Anda dapat melatihnya pada siang hari dimana anda dapat mengajak anak untuk mengatasi ketakutannya pada kondisi yang gelap. Sangat baik jika Anda membangun rasa percaya diri pada anak. Salah satunya dengan cara berbicara tentang ketakutan gelap anak dan juga pengalaman anak, sehingga Anda dapat mencari cara yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk dapat menanggapi kekhawatiran serta mengatasi anak untuk mengurangi rasa takutnya tersebut.

Ajarkan anak untuk mengontrol situasi
Sebaiknya Anda juga mengantisipasi rasa takut ini dengan memberikan penanganan situasi tersebut sehingga anak dapat mengontrol emosinya dengan baik. Salah satunya dengan cara meletakan lampu dekat tempat tidur yang berbentuk tokoh kartun favoritnya sehingga anak akan dapat dengan mudah menyalakan lampu ketika mereka merasakan takut dalam gelap.

Lakukan latihan pada suasana gelap
Anda juga dapat melatih anak dengan cara mencoba mengajaknya melakukan beberapa aktivitas dalam keadaan gelap sehingga rasa takutnya terhadap kegelapannya akan semakin berkurang. Dengan mengajak mendengarkan musik di tempat yang gelap, kemudian juga dengan bermain bersamanya di tempat gelap, salah satu permainan yang dapat Anda prektekan di tempat gelap adalah dengan mengajak bermain bayangan. Mungkin pada awal mulanya anak akan sedikit takut namun Anda tetap menyalakan lampu jika anak terlihat sangat ketakutan. Hal ini tentunya akan membutuhkan waktu untuk dapat melatih anak Anda untuk mengatasi rasa takut dalam gelap.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + nineteen =

%d bloggers like this: