8 Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku Pada Anak

Loading...

Menggigit kuku merupakan salah satu masalah yang sangat umum yang dilakukan anak-anak. Jika anak telah melakukan kebiasaan ini maka biasanya anak tidak sendirian dan masih banyak kemungkinan bahwa banyak dari teman sebayanya yang juga memiliki kebiasaan serupa. Sebuah penelitian dilakukan mendapatkan sekitar 50% dari anak yang berusia antara 10 sampai dengan 18 tahun mempunyai kebiasaan menggigit kuku. Anak-anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku biasanya cenderung berada pada kondisi yang stres. Mengigit kuku juga merupakan salah satu ciri anak dalam keadaan yang kebosanan atau juga dapat berupa kekurangan kalsium. Karena kondisi ini merupakan kebiasaan yang kurang baik bagi anak, maka sebagai orang tua sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan ini.

Cara Menghentikan Kebiasaan Menggigit Kuku Pada Anak

Berikut merupakan cara menghentikan kebiasaan menggigit kuku pada anak :

Cobalah untuk mengatasi kebiasaan lebih awal
Cobalah untuk dapat mengidentifikasi mengapa anak Anda memiliki kebiasaan menggigit kuku pada awal mulanya. Sama dengan kebiasaan lainnya yang apabila telah menjadi kebiasaan maka akan lebih sulit untuk dihentikan.

Identifikasi
Hal seperti ini juga dapat terjadi karena anak Anda merasa bosan, stres atau memiliki banyak waktu yang luang sehingga mereka mencari kebiasaan untuk dilakukan. Salah satu cara untuk mengalihkan perhatian anak dengan cara meminta anak untuk menulis buku harian ketika keinginan mengigit kukunya muncul. Minta mereka untuk dapat mencatat apa yang dilakukan pada saat itu hal ini berguna untuk mengurangi kebiasaan buruknya tersebut.

Meningkatkan kesadaran
Salah satu masalah timbulnya kebiasaan ini adalah bahwa hal ini merupakan kebiasaan bawah sadar. Banyak anak tidak akan menyadarinya ketika mereka akan mulai menggigit. Sangat berguna apabila Anda sebagai orang tua meningkatkan kesadaran yang mereka miliki. Hal yang dapat Anda lakukan salah satunya dengan cara mengambil foto mereka dari minggu ke minggu guna mencari kemajuannya.

Mulai melindungi kuku mereka
Anda juga dapat melindungi kuku anak Anda agar anak sulit mengigit kukunya tersebut dengan cara melapisi jari anak dengan perban instan yang yang dapat Anda beli di apotek terdekat. Hal ini berguna jika anak Anda mulai menggigit secara tidak sadar maka mereka akan berhenti saat merasakan perban.

Belajar merawat kuku
Salah satu cara agar anak dapat mengurangi kebiasaan buruk ini dengan cara menjaga kebersihan kuku dan juga merapikannya dengan rutin. Anda dapat menanamkan pada anak bahwa kuku yang baik akan terlihat lebih menarik agar anak Anda meninggalkan kebiasaan buruknya ini.

Memberikan rasa pahit pada kuku anak anda
Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk menghentikan kebiasaan buruk anak Anda adalah dengan memberikan cairan pahit di area sekitar kuku. Anda dapat memberikan mengkudu ataupun brotowali. Pastikan cairan yang Anda gunakan tidak berbahaya untuk anak.Gunakan cara ini dengan teratur maka anak akan menghentikan kebiasaan buruknya secara berangsur.

Pengganti aktivitas
Banyak juga yang melakukan kebiasaan ini dikarenakan anak sedang bosan atau sedang berada dalam kondisi yang stres. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggantikannya dengan kegiatan lain yang berhubungan dengan tangan. Salah satunya dengan meminta anak menggambar, menulis ataupun mewarrnai. Dengan cara ini anak akan tetap sibuk dengan tangannya namun melakukan aktivitas yang lebih berguna.

Meningkatkan asupan kalsium
Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan konsumsi zat kalsium yang ditambahkan pada menu makan anak hal ini juga berguna untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Tingginya kadar zat kalsium dapat Anda temukan pada sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan juga biji-bijian, produk susu serta buah kering.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + seven =

%d bloggers like this: