Tips Berpuasa Pada Saat Hamil

Loading...

Bagi Anda yang sedang menjalani kehamilan tentunya dalam menjalankan ibadah puasa akan sangat berbeda. Sebelum Anda ingin menjalankan ibadah puasa ada baiknya jika Anda memeriksakan kandungan dan kondisi tubuh Anda terlebih dahulu apakah Anda diperbolehkan untuk berpuasa atau tidak. Diperlukan juga beberapa kiat-kiat khusus agar puasa yang sedang Anda jalani benar-benar menjadi sebuah ibadah yang tidak sia-sia dan tetap menjadikan janin yang berada dalam kandungan tetap sehat.

Tips Berpuasa Pada Saat Hamil

Berikut ini merupakan beberapa tips berpuasa pada saat hamil :

Saat Sahur
• Pada saat sahur, sebaiknya bagi Anda yang sedang menjalani kehamilan untuk memilih makanan yang banyak mengandung protein dan juga lemak dalam jumlah yang cukup. Kedua zat gizi ini dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama di dalam pencernaan sehingga dapat memperlambat rasa lapar pada siang hari. Sebaiknya bagi Anda yang sedang menjalani kehamilan disarankan untuk banyak mengkonsumsi daging. Daging merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak kalori juga protein yang dapat disimpan tubuh untuk waktu yang lama.

• Usahakan juga untuk selalu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C dan zinc untuk dapat menjaga vitalitas tubuh Anda yang sedang menjalani kehamilan.

• Usahakan agar menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang manis saat akan makan sahur agar tubuh Anda tidak akan merasa lemas dan juga agar mencegah lapar yang lebih cepat akibat lonjakan insulin.

• Sebaiknya agar minum air putih sebanyak-banyaknya. Jika mengkinkan Anda dapat mengkonsumsi air putih sebanyak dua liter dalam satu hari. Usahakan juga untuk tetap mengkonsumsi segelas susu hangat. Minum segelas susu pada saat sahur dapat mengurangi resiko anemia bagi Anda yang sedang menjalani masa kehamilan.

Saat Berpuasa
• Untuk Anda yang sedang berpuasa sebaiknya Anda menjalani puasa dengan niat dan tekad yang bulat serta ikhlas agar selama berpuasa akan terasa ringan dan juga membahagiakan meski Anda dalam masa kehamilan.

• Usahakan untuk selalu cukup istirahat. Sediakan lebih dari porsi istirahat yang sebelumnya Anda lakukan.

• Usahakan untuk mengurangi porsi aktivitas yang banyak membutuhkan energi, contohnya saja dengan aktivitas di lapangan. Usahakan agar Anda menghindari stres dan juga untuk dapat membuang jauh dorongan untuk marah.

Saat Berbuka
• Usahakan untuk selalu mengawali berbuka dengan minuman yang hangat dan juga manis hali ini berguna untuk meningkatkan kadar gula dalam darah, tetapi Anda yang sedang menjalani kehamilan juga harus tetap membatasi makanan serta minuman yang manis. Hindari juga minuman dingin karena hal ini dapat menurunkan kerja dari lambung.

• Kemudian Anda dapat melanjutkan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat simpleks sehingga akan lebih mudah diserap dalam tubuh, contohnya seperti kolak dan juga kurma yang sangat baik untuk ibu hamil.

• Setelah menunaikan salat magrib, Anda dapat makan dengan porsi yang lebih besar, namun tetap secukupnya. Makan dalam jumlah yang besar dapat membuat tubuh Anda menjadi lemas.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + twenty =

%d bloggers like this: