Penyebab Masalah Tidur Pada Balita

Loading...

Apakah Anda sering menghadapi anak Anda yang sering bangun di tengah malam? Mungkin Anda akan sedikit jengkel apabila hal ini sering terjadi. Namun Anda tidak perlu risau jika anak Anda kerap melakukan hal ini karena ada beberapa penyebab anak menjadi sulit tidur dan selalu terbangun di tengah malam. Anda juga dapat mencegah hal ini terjadi dengan merubah kebiasaan dan juga aktivitas anak agar anak dapat lebih nyenyak saat tertidur di malam hari.

Penyebab Masalah Tidur Pada Balita

Berikut ini adalah beberapa penyebab masalah tidur pada balita :

Pola Makan
Anak yang mempunyai kebiasaan makan yang teratur dan akan cenderung diberi makan saat mereka minta, juga akan cenderung mudah lapar. Perutnya tidak tahan dalam keadaan yang kosong untuk jangka waktu yang cukup lama seperti pada saat tidur malam hari. Solusinya yang baik dengan menerapkan pola makan yang teratur yaitu dengan 3 x makan dan juga diselingi dengan 2 x snack hal ini akan membuat anak Anda mengkonsumsi lebih banyak makanan pada jam aktifnya. Sehingga perutnya akan terisi dengan baik pada saat anak tidur di malam hari.

Kelelahan
Anak yang kelelahan akan beresiko sulit untuk tidur dengan nyenyak. Jadi, upayakan untuk dapat menciptakan rutinitas tidur dan juga istirahat siang bagi anak. Sehingga tubuhnya akan terhindar dari kelelahan. Pada saat malam hari, lebih baik agar selalu membiasakan untuk meredupkan lampu pada saat akan memasuki waktu tidurnya. Lampu yang temaram juga akan dapat membuat anak Anda tidur dengan lebih nyenyak.

Stimulasi Berlebihan
Dengan mengajak anak bermain atau juga dengan memberinya stimulasi untuk lebih aktif bergerak memang sangat baik bagi pertumbuhannya. Namun ada baiknya jika Anda mencoba membuat anak lebih rileks menjelang pada saat waktu tidurnya. Bacakan buku cerita dan juga dengan memutarkan musik pengantar tidur akan menjadi salah satu solusi yang efektif untuk membuat otak serta tubuh anak Anda lebih santai.

Merasa Kurang Nyaman
Pada saat anak merasa kurang nyaman, anak akan cenderung sulit untuk tidur lebih nyenyak. Anda perlu mencoba mencari tahu apakan anak Anda sedang kedinginan, kepanasan, atau juga baju tidur yang akan dikenakannya kurang nyaman.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + twelve =

%d bloggers like this: