Mengenal Ciri-Ciri Hidrosefalus

Loading...

Hidrosefalus secara umum merupakan pembesaran kepala yang abnormal dikarenakan gangguan pengaliran cairan pada otak. Pembesaran ini dapat terjadi akibat dari sumbatan pada rongga otak atau pada sistem saluran lainnya. Pada keadaan yang normal, cairan otak akan mengalir melalui rongga-rongga yang ada dalam otak dan sumsun tulang yang berguna sebagai sistem sirkulasi darah. Penimbunan cairan di dalam otak ini akan menekan bagian pada otak serta pada beberapa saraf yang letaknya berdekatan. Akibatnya akan timbul gangguan fungsi dari saraf otak, kejang dan apabila terjadi pada bayi akan terjadi pelebaran celah di antara tulang tengkorak.

SSUCv3H4sIAAAAAAAEAJ2QzQrDIBCE74W+g3j2UOitrxJ62OgSlpoIuqaUkHePv+C5N+ebHdfxuN+EkDME0vIljqySJmtjYA9Mbkv4oRpHQ+w8gc0ws7M4MjBwDBjyFQ1pYFzSbIUt3/dMVYtuFDMlkiWlGliIc2EdnervZD28exVYcNO/8uChiEeLUItMdVR+vox+HavtZNANGqIhN7TcnQabA8/hZp0+1K1t33kBWD1OEHcBAAA=

Untuk dapat mengenali tanda seorang anak mengalami hidrosefalus ada baiknya jika Anda mengetauhi ciri-cirinya terlebih dahulu. Untuk dapat memastikan apakah seorang anak terkena hidrosefalus atau tidak haruslah dilakukan CT-Scan. CT-Scan dapat dilakukan di beberapa rumah sakit yang dapat memberikan data diagnosa yang dapat digunakan kebenarannya.

Berikut ini akan diberikan ciri-ciri dari seorang yang menderita kelainan hidrosefalus :

• Kepala yang akan terlihat membesar melebihi ukuran normal, fontanel antrior atau ubun-ubun yang letaknya ada di puncak kepala akan lebih terlihat menonjol.

• Pembuluh darah vena pada kulit kepala akan terlihat jelas pada saat seorang anak menangis.

• Mata yang akan terus melihat ke bawah, lalu anak akan mudah terstimulasi, lemah dan disertai dengan kemampuan makan yang berkurang.

• Opisthotonus, dan juga spatik pada ekstremitas pada arah bawah.

• Terdapat bunyi creckedpot dimana bagian kulit kepala bagian belakang yang berbunyi akibat pemisahan abnormal.

• Disertai malformasi mulut atau apabila terjadi pada bayi akan mengalami kesulitan saat hendak menelan makanan atau minuman.

• Akan terjadi bunyi dari napas stridor dan juga dapat terjadi sulit dalam bernapas.

• Pada beberapa kasus terkadang napas akan terhenti sejenak atau yang disebut dengan Apnea. Hal ini juga akan terjadi dengan tidak adanya refleks untuk muntah.

• Papil edema yaitu suatu pembengkakan discus pada saraf optik sebagai akibat dari peningkatan tekanan intrakranial. Pada papil edema akut akan mengalami sakit kepala yang parah.

• Mata juling yang disebut juga dengan strabismus. Selain itu, dapat juga mengalami gangguan keseimbangan (ataxia), lemah, bingung, dan apabila diajak bicara akan mengalamin inkoheren atau tidak nyambung.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + 16 =

%d bloggers like this: