Mengenal Lebih Dalam Tentang Endometriosis

Loading...

Endometriosis merupakan suatu kondisi dimana adanya pertumbuhan jaringan mirip dengan endometrium, dan akan terjadi di luar kavum uteri. Bisa dikatakan bahwa endometrium yang masih berfungsi terdapat di luar dari kavum uteri. Istilah tersebut mungkin tidak semua orang dapat memahami secara sederhana, ini adalah suatu jaringan yang seharusnya ada di rahim bagian dalam, namun ternyata ditemukan terdapat di bagian luar rahim. Kondisi tersebut memang merupakan gangguan dalam tubuh yang akan mempengaruhi fungsi orang lainnya dalam tubuh.

Mengenal Lebih dalam Tentang Endometriosis

Klasifikasi Endometriosis

• Endometriosis interna
Endometriosis interna adalah endometriosis yang ditemukan terdapat di dalam miometrium yang merupakan lapisan tengah dari dinding rahim yang terdiri atas sel-sel otot polos yang mendukung jaringan stroma dan juga pembuluh darah. Miometrium adalah bagian dari uterus yang memegang peranan sangat penting dan juga terdiri atas banyak jaringan otot.

• Endometriosis eksterna
Endometriosis eksterna adalah endometriosis yang ditemukan terdapat di luar bagian uterus.

Ciri – Ciri Terkena Endomerriosis
Wanita yang terkena endometriosis akan sering mengalami rasa sakit di perut bagian bawah pada saat mengalami datang bulan. Maka dari itu untuk Anda yang selama menstruasi sering merasakan rasa sakit di daerah perut bagian bawah, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Endometriosis juga bisa diindikasikan bila Anda sering mengalami menstruasi yang kurang teratur. Jika Anda merasa ada gangguan dalam siklus menstruasi Anda, Anda harus segera memeriksakan diri ke pusat kesehatan. Untuk tahap hal yang paling awal, ada baiknya jika Anda melakukan tes papsmear. Dengan melakukan tes ini dokter akan mendapati apabila ada beberapa hal yang mungkin dapat mengganggu rahim Anda, contohnya saja kemungkinan terjadi peradangan pada bagian vagina atau kemungkinan adanya gangguan lain pada rahim contohnya saja kanker dan juga adanya pertumbuhan sel yang juga tidak pada tempatnya, seperti contohnya endometriosis.

Akibat Terkena Endomerriosis
Apabila wanita terkena endometriosis akan sangat sulit untuk mendapatkan anak, bisa dikatakan akan menjadi mandul. Seseorang yang terkena penyakit endometriosis akan sangat sulit mendapatkan keturunan ini disebabkan akibat dari sel sperma tidak dapat masuk dan bertemu dengan sel telur karena penghalang dengan adanya sel-sel yang tumbuh tidak pada tempatnya.

Hal pencegah yang paling baik adalah dengan melakukan papsmear sebanyak satu kali dalam waktu satu tahun. Selain itu, masih ada juga beberapa hal yang harus dihindari guna mencegah terjadinya endomerriosis yaitu dengan membersihkan daerah kewanitaan dengan tisu. Hal Ini tidak baik karena selain tidak akan cukup mampu menghilangkan kotoran dari daerah kewanitaan membersihkannya menggunakan tisu juga akan mengakibatkan iritasi. Iritasi yang dibiarkan akan mengakibatkan akan terjadinya peradangan di dalam area vagina.

Untuk mengatasi hal yang demikian ada baiknya jika Anda berkonsultasi pada dokter dan tidak menggunakan sabun perbersih area kewanitaan dengan asal. Menjaga kebersihan dan juga kesehatan merupakan hal terpenting guna menjauhkan tubuh dari segala bentuk penyakit.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 3 =

%d bloggers like this: