Dampak Menonton Film Kartun Pada Perkembangan Anak

Loading...

Menonton film kartun mempunyai keasyikkan dan juga manfaat tersendiri. Selain dapat menghibur, serial animasi kartun ini memiliki beragam dari pelajaran hidup yang dapat Anda pelajari. Hal ini membuat jenis film ini sangat digemari anak-anak. Namun perlu Anda ketahui bahwa film kartun ternyata memiliki dampak negatif yang berbahaya bagi perkembangan anak Anda.

Dampak Menonton Film Kartun Pada Perkembangan Anak

Berikut ini adalah beberapa dampak menonton film kartun untuk perkembangan anak Anda :

Perkembangan Kemampuan Bahasa
Sebagian besar film kartun tidak akan menggunakan kosakata yang tepat dan juga jarang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan ditiru juga oleh anak-anak. Anak akan mencoba untuk berbicara, meskipun hanya mengucapkan kata-kata seperti tokoh karakter dalam kartun favorit yang mereka sukai.

Masalah Penglihatan
Paparan dari sinar TV yang cahayanya terang secara terus menerus tidak baik bagi kesehatan mata anak Anda. Dengan menghabiskan terlalu banyak waktu melakukan kegiatan ini akan dapat mempengaruhi penglihatan dari anak dan pada akhirnya mereka juga akan mengalami masalah penglihatan.

Kegiatan Fisik yang Berkurang
Kecanduan pada film kartun akan membuat anak menghabiskan sebagian besar waktu yang mereka miliki dalam ruangan. Mereka tidak akan pernah ingin tahu bagaimana asyiknya saat bermain di lapangan bersama teman sebayanya. Bermain di luar ruangan juga akan membantu mereka mengenal alam serta akan membuat mereka lebih aktif dan energik.

Perilaku Bermasalah
Dengan menghabiskan waktu yang terlalu banyak di depan TV untuk menonton film kartun merupakan salah satu dari penyebab mengapa anak lebih sering dikucilkan oleh temannya. Selain itu, mereka juga lebih lemah dalam pergaulan. Namun jika telah terlanjur demikian, anak yang kecanduan film kartun tidak akan lagi untuk memperdulikan lingkungan di sekitarnya. Hal ini akan mengganggu perilaku sosial terhadap mereka.

Kebiasaan Makan yang Salah
Anak-anak dengan kecanduan film kartun umumnya sudah terbiasa makan di depan TV. Kebiasaan ini tidak menyehatkan karena dapat menjadi pemicu timbulnya obesitas pada anak-anak.

Kehidupan Sosial yang Lemah
Kecanduan film kartun juga akan mempengaruhi kehidupan sosial dari anak-anak. Mereka menjadi tidak akan tertarik untuk bermain serta bercengkrama dengan teman sebayanya. Pada akhirnya, hal ini akan membuat anak menjadi terisolasi dari segi kehidupan sosial.

Kekerasan
Saat ini, masih ada saja sejumlah serial kartun yang di dalamnya mengandung kekerasan dan masih digemari oleh anak-anak. Hal ini tentu akan menjadi masalah yang serius karena sifat dan naluri anak-anak yang akan meniru perilaku yang mereka lihat dan saksikan. Dengan apa yang Anda ajarkan dan juga apa yang Anda lakukan akan membentuk perilaku dan juga kebiasaan anak Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 12 =

%d bloggers like this: