Penyebab Anak Mengalami Pelecehan Seksual

Loading...

Kekerasan seksual merupakan tindakan yang tidak diinginkan oleh para korbannya yang akan menimbulkan kerusakan fisik maupun mental. Kerusakan mental yang dapat ditimbulkan dapat berupa rasa malu, merasa tak berdaya, merasa tidak aman, dan juga merasa tersakiti. Jika dipandang dari sudut hukum, maka akan ada kategori usia bahwa korban yang dapat disebut sebagai anak di bawah umur apabila korban berusia kurang dari 18 tahun.

Penyebab Anak Mengalami Pelecehan Seksual

Jenis pelecehan seksual dapat terbagi menjadi dua yaitu fisik dan juga verbal. Pelecehan seksual pada fisik ditandai dengan sentuhan yang dilakukan pada daerah pribadi yang bersifat sensitif. Sedangkan dengan pelecehan seksual verbal akan ditandai dengan kata-kata yang sensual yang ditujukan kepada korban. Selain diakibatkan karena faktor karakteristik dari kepribadian yang dimiliki oleh pelaku, karakteristik dari korban juga biasanya dapat menjadi penyebab pelecehan seksual. Karakteristik personal yang dimaksud yaitu yang menarik perhatian pelaku dan yang dimiliki korban.

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan anak mengalami pelecehan seksual :

Penampilan fisik
Sekarang ini banyak anak perempuan yang pertumbuhan fisiknya akan lebih cepat ini dikarenakan pengaruh hormon. Anak yang berparas cantik atau juga tampan umumnya juga menarik perhatian para pelaku.

Perilaku
Anak-anak yang sangat mudah dekat dengan orang asing, dan juga tidak akan menolak jika disentuh oleh orang asing akan cenderung mudah untuk menjadi korban dari pelecehan seksual. Anak dengan tipe ini akan sulit menyadari jika dirinya sedang diperlakukan tidak senonoh oleh pelaku.

Karakteristik Kepribadian
Anak-anak dengan karakter yang pasif, adalah seorang anak yang cenderung sulit untuk menolak atau menghindar akan lebih sulit saat berhadapan dengan situasi yang tidak nyaman. Anak dengan tipe ini akan cenderung lebih diam dan juga sulit memiliki inisiatif untuk mencari pertolongan ketika pelecehan sedang terjadi.

Dampak Pelecehan Seksual
Dampak psikologis pada korban biasanya tidak terlalu berbeda jika ditinjau dari jenis kelaminnya. Dampak akan terlihat lebih berbeda jika ditinjau dari karakteristik anak. Anak akan yang cenderung terbuka, akan mudah beradaptasi dan juga bermuatan energi positif cenderung akan lebih mudah pulih dari trauma. Sedangkan anak yang lebih cenderung tertutup, dan juga sulit beradaptasi akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan upaya yang besar untuk pulih dari trauma.

Selain karakteristik kepribadian, jenis dari kekerasan seksual yang dialami akan memberikan dampak yang berbeda. Kekerasan fisik biasanya akan meninggalkan trauma yang jauh lebih besar dibandingkan kekerasan yang dilakukan secara verbal. Selain itu, pada frekuensi dan juga durasi terjadinya kekerasan seksual akan berpengaruh terhadap dampak yang akan ditimbulkan. Maka semakin sering terjadi frekuensinya, dan semakin lama durasinya, membuat trauma yang ditimbulkan akan semakin besar.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + thirteen =

%d bloggers like this: