Mengenal Gejala Hingga Pengobatan Penyakit Klamidia

Loading...

Klamidia merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis. Mungkin banyak dari Anda yang tidak mengetahuinya jika penyakit ini adalah penyakit menular seksual yang paling sering terjadi namun terkadang penderitanya tidak menyadarinya. Bakteri ini dapat berpindah melalui hubungan seksual. Apabila seseorang terkena cairan tubuh yang mengandung bakteri lalu kemudian menyentuh matanya maka akan menyebabkan konjungtivitis klamidia. Penyakit ini juga dapat diturunkan dari ibu ke bayinya saat melahirkan.

Mengenal Gejala Hingga Pengobatan Penyakit Klamida

Gejala
Akan sangat sulit bagi wanita untuk dapat mengetahui apakah dirinya menderita klamidia atau tidak. Karena kebanyakan wanita tidak mengalami gejala apapun. Maka dari itu, akan sangat untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda aktif secara seksual. Terkadang, gejala dari klamida dapat berupa keputihan pada vagina yang tidak biasa dengan nyeri pada saat buang air kecil. Pada beberapa kasus penderita klamidia juga merasakan akan nyeri pada perut bagian bawah atau juga sakit selama hubungan seksual. Terkadang infeksi klamidia dapat juga menyebabkan demam ringan, nyeri otot, dan juga sakit kepala.

Efek
Apabila tidak ditangani dengan cepat maka klamidia akan dapat menyebabkan infeksi pada urethra yaitu tempat keluarnya air seni dan juga menyebabkan peradangan pada serviks. Hal ini juga akan menimbulkan penyakit radang panggul, infeksi pada uterus, rahim, atau pada saluran tuba. Penyakit radang panggul ini menjadi penyebab utama ketidaksuburan dan kehamilan ektopik di kemudian hari.

Pengobatan
Dokter biasanya akan mendiagnosis klamidia dengan cara memeriksa urin orang tersebut. Namun jika Anda pernah terpapar klamidia atau didiagnosis terjangkit klamidia, dokter akan meresepkan obat antibiotik yang dapat menyembuhkan infeksi dalam 8 sampai 10 hari. Pengobatan juga harus dilakukan pada pasangan Anda dalam waktu dua bulan terakhir.

Namun jika pasangan Anda yang menderita klamidia, pengobatan secepatnya akan dapat menurunkan risiko komplikasi dan juga akan menurunkan risiko Anda terinfeksi bila Anda berhubungan seks kembali dengan pasangan Anda. Satu-satunya cara yang dapat mencegah infeksi ini adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual dengan bebas sangat penting.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 16 =

%d bloggers like this: