Manfaat Pijat Pada Bayi

Loading...

Pijat bayi merupakan sebuah teknik dari relaksasi di Indonesia. Para ahli dari kesehatan bayi juga telah membuktikan manfaat dari pijat bayi bagi kesehatan dan juga pertumbuhan bayi. Namun, ada juga sebuah penelitian yang menemukan bahwa pijat bayi bukan hanya dapat memberikan manfaat besar bagi tumbuh kembang fisik bayi Anda, namun juga dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan otak, mental serta panca indera. Para ahli juga telah membuktikan, sentuhan yang Anda berikan langsung dan dapat dirasakan oleh bayi, merupakan cara utama agar perkembangan otak bayi Anda semakin meningkat, terutama pada masa delapan minggu setelah bayi lahir. Maka dari itu lebih disarankan, pemijatan bayi dilakukan oleh Anda sendiri.

Manfaat Pijat Pada Bayi

Pada saat Anda melakukan pemijatan Anda juga memerlukan persiapan yang matang, selain dengan mengerti teknik dari pijat bayi, Anda juga harus memiliki waktu luang yang tepat sehingga tidak terburu-buru dalam melakukan kegiatan ini. Pijat pada bayi biasanya akan menggunakan baby oil. Kebersihan pada tempat untuk memijat jangan sampai terlewatkan, disarankan juga untuk melakukan pijat bayi sambil mendengarkan musik klasik.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat pijat yang dapat dirasakan oleh bayi Anda :

Indera peraba
Sentuhan yang didapatkan bayi dapat merangsang syaraf dan juga otot untuk disampaikan kepada otak, sehingga akan merangsang perkembangan fisik dan otak bayi menjadi lebih baik. Dalam sebuah penelitian telah membuktikan bahwa bayi yang terlahir prematur dengan diberi pijatan dapat mengalami kenaikan berat badan dua kali lipat.

Indera penciuman
Penciuman pada bayi akan menstimulus segala bau-bauan yang berada didekatnya. Untuk itu jika Anda akan memijat bayi, gunakanlah baby oil, atau minyak khusus bayi yang beraroma menenangkan namun tidak panas dan tidak menyengat.

Indera penglihatan
Anda merupakan orang pertama yang dikenali oleh mata bayi. Meskipun pandangan bayi masih sangat terbatas, namun bayi juga sudah mampu melihat dan juga merekam ekspresi orang-orang yang berada disekitarnya. Untuk itu sangatlah baik jika pijat bayi dilakukan oleh Anda sendiri, selain dapat merangsang motorik dan juga penglihatan bayi, memandang wajah Anda juga merupakan cara yang ampuh untuk stres pada bayi yang mungkin muncul selama aktivitas memijat ini.

Indera pendengaran
Selain untuk memberikan ketenangan, suara saat melakukan relaksasi yang mengalun selama pemijatan juga akan melatih pendengaran dan dapat membangun struktur pendengaran bayi menjadi lebih baik.

Indera pengecap
Pemijatan dengan teknik yang benar pada daerah perut akan membuat lancarnya sistem pencernaan, namun usahakan untuk menghindari pijatan pada wajah lalu Anda juga perlu waspada jika baby oil yang digunakan tersentuh dengan jari bayi. Hal ini untuk mencegah dan menghindari bahaya ketikia bayi memasukkan jarinya ke mulut.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + twelve =

%d bloggers like this: