Penyebab dan Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

Loading...

Menstruasi merupakan proses meluruhnya dinding rahim menjadi darah, biasanya terjadi selama 4 sampai dengan 7 hari. Siklus menstruasi yang wajar adalah terjadi selama 28-35 hari. Tiap wanita akan mengalami siklus menstruasi yang berbeda, bisa saja siklus menstruasi jadi lebih pendek atau menstruasi cepat selesai. Menstruasi yang tidak lancar akan terjadi pada beberapa tahun pertama pada saat Anda mulai menstruasi. Ini terjadi dapat disebabkan oleh hormon Anda yang belum seimbang. Namun, jika menstruasi tidak lancar terjadi bukan di beberapa tahun pertama Anda mengalami menstruasi, maka masalah ini dapat bisa ke dalam beberapa tipe menstruasi tidak teratur. Seperti metrorrhagia, oligomenorrhea, menometrorrhagia, dan amenorrhea.

Penyebab dan Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

Penyebab Menstruasi Tidak Lancar

Kehamilan
Jika menstruasi Anda terhenti dan juga terlambat, maka sebaiknya cobalah melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak.

Alat konstrasepsi
Dengan menggunakan alat kontrasepsi seperti IUD (spiral) atau juga dengan penggunaan pil KB memang bisa menyebabkan perubahan pada rahim yang berupa flek diantara siklus menstruasi. IUD juga dapat menyebabkan darah yang keluar akan lebih banyak dari biasanya. Kemungkinan akan adanya sedikit darah yang akan keluar pada awal penggunaan pil KB juga sangat mungkin terjadi.

Tiroid
Pada tubuh di bagian leher terdapat kelenjar tiroid yang tugasnya memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme . Jika tiroid Anda bermasalah atau juga mengalami gangguan hal ini juga dapat mempengaruhi menstruasi Anda. Sebaiknya langkah yang Anda dapat lakukan dengan berkonsultasi kepada dokter karena dokter akan melakukan tes darah untuk mengetahui bagaimana level hormon tiroid yang ada dalam darah.

Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Lancar

• Mengubah gaya hidup

• Melakukan pengobatan tiroid

• Anda juga dapat melakukan pengobatan sindrom ovarium polikistik, pengobatan ini sama halnya dengan pengobatan diabetes dan pengembalian tingkatan hormon.

• Melakukan konseling apabila Anda mengalami stres yang dapat menyebabkan berat badan Anda turun secara drastis.

• Apabila Anda berencana memiliki anak sebaiknya Anda mencoba hormon sintetik untuk memicu ovulasi kembali normal.

• Mengganti alat kontrasepsi.

Itulah beberapa cara agar Anda dapat membuat siklus menstruasi Anda lebih lancar dan juga tidak terganggu. Hal yang paling utama jika Anda memiliki keluhan ini adalah dengan mengatur pola hidup dengan sehat, dengan olahraga secara teratur, cukup istirahat dan juga selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 9 =

%d bloggers like this: