Apa itu Penyakit Hirschsprung?

Loading...

Penyakit Hirschsprung merupakan suatu kondisi yang dapat mempengaruhi usus besar (kolon) dan dapat menyebabkan masalah dalam buang air besar. Penyakit Hirschsprung telah hadir ketika bayi lahir (kongenital) dan ini dihasilklan dari sel-sel saraf yang hilang pada otot usus bayi.
Seorang bayi yang baru dilahirkan lalu memiliki penyakit Hirschsprung dengan kondisi tidak dapat buang air besar. Dalam kasus yang ringan, kondisi ini mungkin sulit untuk terdeteksi sampai akhir dari masa kanak-kanak.

Apa itu Penyakit Hirschsprung

Gejala
Tanda dan juga gejala penyakit Hirschsprung sangat bervariasi sesuai dengan kondisi yang diderita. Biasanya tanda-tanda ini muncul segera setelah bayi dilahirkan, namun juga terkadang gejala yang ditimbulkan tidak jelas. Biasanya, tanda yang paling sering dan juga jelas dari penyakit Hirschsprung yaitu kegagalan bayi untuk buang air besar pada waktu 48 jam atau lebih setelah dilahirkan.

Penyebab
Penyakit Hirschsprung dapat terjadi terjadi ketika saraf di usus besar tidak terbentuk dengan sempurna. Sel-sel pada saraf juga bagian yang sangat penting untuk fungsi usus besar. Mereka akan mengontrol kontraksi otot biasa yang akan menjaga makanan bergerak melalui usus. Ketika bayi Anda berkembang sebelum kelahiran, kumpulan sel-sel saraf biasanya akan mulai terbentuk diantara lapisan otot pada usus besar. Proses ini akan dimulai di bagian atas usus besar dan juga akan berakhir di bagian bawah perut. Pada bayi yang memiliki penyakit Hirschsprung, proses perkembangan pada saraf menjadi tidak sempurna.

Komplikasi
Bayi yang memiliki penyakit ini sangat rentan terhadap infeksi yang serius pada usus yang disebut dengan nama enterocolitis. Enterocolitis ini bisa disebabkan oleh feses yang banyak mengendap di belakang bagian yang bergerak dari usus besar. Massa stagnan feses akan menyediakan lingkungan yang sangat subur bagi bakteri untuk tumbuh. Saat massa feses mengembang, hal ini akan menekan pembuluh darah papa dinding usus besar. Maka aliran darah akan menurun dan juga menyebabkan kerusakan pada lapisan pada usus besar (mukosa), sehingga usus akan rentan terhadap infeksi.

Perawatan dan Obat-obatan
Penyakit Hirschsprung dapat diobati dengan pembedahan. Hal ini dilakukan untuk memotong bagian dari usus besar yang tidak mempunyai sel saraf (ganglia). Lapisan dari bagian yang sakit dari usus besar akan dipotong, dan kolon normal akan ditarik melalui usus dari bagian dalam dan dilekatkan pada anus. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan metode invasif minimal yaitu laparoskopi, yang artinya beroperasi melalui anus.

Pada anak-anak yang sudah dalam kondisi parah, operasi dapat dilakukan dengan cara membuang bagian abnormal usus yang akan diangkat lalu bagian atas yang sehat dari usus besar akan dihubungkan ke lubang kecil atau dalam bahasa medisnya ostomy yang telah diciptakan dokter ahli bedah di dalam perut anak. Feses yang akan kemudian meninggalkan tubuh melalui ostomy lalu masuk ke dalam kantong yang menempel pada ujung usus yang menonjol keluar melalui lubang di bagian perut. Hal ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk usus besar untuk sembuh.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 17 =

%d bloggers like this: