Penyebab Wanita Sulit Hamil

Loading...

Kesulitan dalam mendapatkan kertunan dapat diakibatkan karena berbagai alasan gaya hidup hingga kesehatan. Penyebab umumnya sulit hamil pada perempuan bisa disebabkan karena adanya masalah ovulasi, dimana pelepasan sel telur yang matang lalu kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. Selain itu, ada pula mitos yang menyebutkan bahwa wanita susah hamil akibat kegemukan badan yang dimilikinya.

Penyebab Wanita Sulit Hamil

Di bawah ini merupakan beberapa penyebab wanita yang sulit hamil :

Menoupause Dini
Terjadinya kekurangan atau juga hilangnya menstruasi sebelum wanita memasuki usia 40 tahun. Wanita memasuki menoupause jika fungsi ovarium dan juga datang bulan sudah terhenti. Menopause dini juga dapat disebabkan radiasi yang memicu kekebalan hilang dari dalam tubuh.

Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba)
Penyumbatan dan juga adanya jaringan perut hal ini dapat disebabkan karena meradangnya saluran tuba yang mempengaruhi kesuburan. Kerusakan disebabkan karena infeksi penyakit menular secara seksual teruatama oleh klamidia. Hal lain yang dapat menjadi penyebab dikarenakan penyumbatan penyakit yang disebabkan oleh radang panggung atau pasca operasi kehamilan.

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)
Ini kondisi yang mengakibatkan produksi hormon androgen ini adalah salah satu penyebab terjadinya gangguan kesuburan yang dialami wanita. Ketidakseimbangan ini yang akan mengakibatkan PCOS bermasalahnya ovulasi dan mengakibatkan terganggunya siklus menstruasi.

Masalah Tiroid
Kondisi ini dikarenakan adanya kelenjar tiroid yang tidak normal dan terlalu aktif serta tiroid hipotorodisme adalah kondisi tiroid tidak aktif, kedua kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Pengobatan Kanker
Ketika Anda sedang menjalani radioterapi untuk pengobatan kanker dapat mengganggu dan akan mengakibatkan sistem reproduksi menjadi tidak subur.

Endometriosis
Endometriosis merupakan jaringan rahim yang tumbuh di bagian luar rahim yang dapat mempengaruhi indung telur, rahim dan fungsi sperma. Pada kasus yang tidak terlalu berat, konsepsi mungkin terjadi dikarenakan tidak semua wanita akan mengalami gangguan pada kesuburan.

Gaya Hidup
Kebiasaan dari gaya hidup yang tidak sehat juga dapat mempengaruhi kesuburan. Perhatikan pula konsumsi obat-obatan yang Anda konsumsi yang juga dapat menyebabkan gangguan kesuburan.

Usia
Usia akan sangat mempengaruhi kesuburan, wanita yang sudah berusia lebih dari 40 tahun akan memproduksi lebih sedikit jumlah sel telur kurang sehat serta lebih rendah sehingga apabila mengalami kehamilan pada usia ini akan sangat beresiko mengalami keguguran.

Ovarium jaringan parut
Kerusakan pada fisik pada ovarium juga dapat mempengaruhi ovulasi, kerusakan ini dapat disebabkan karena adanya pembedahan akibat terjadinya kista. Operasi konstan akan mengakibatkan jaringan perut dan folikel melekat yang akan mengakibatkan gangguan terhadap proses ovulasi.

Adhesi Pelvis
Jaringan perut ini diakibatkan karena terjadinya operasi panggul. Usus buntu juga akan mengganggu kesuburan yang mengubah struktur saluran. Sehingga seringkali mengakibatkan banyak gangguan pada kesuburan pada wanita akibat perjalanan yang melalui saluran terhambat.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + nineteen =

%d bloggers like this: