Tips Mengatasi Bau Ompol

Loading...

Usia anak yang semakin lama semakin bertambah pastinya akan sangat menggemaskan melihatnya yang aktif. Perubahan ini tentu saja akan membanggakan bagi Anda. Tetapi masih ada beberapa kebiasaan anak yang membuat Anda sebagai orang tua harus tetap mengarahkan sehingga anak dapat berhenti dari kebiasaan jeleknya. Salah satunya adalah anak yang masih mengompol.

Tips Mengatasi Bau Ompol

Anak pada usia di bawah 3 tahun masih dianggap hal yang biasa apabila mengompol, bukan berarti dengan hal ini Anda tidak membuatnya terbiasa untuk mengenalkan toilet. Anda dapat menerapkan cara mengatasi kebiasaan mengompol pada anak dengan memberitahu anak apabila merasakan keinginan untuk buang air. Meskipun saat ini anak Anda masih menggunakan pampers tetapi dengan melatih dan juga membiasakan anak menggunakan toilet adalah hal lebih baik agar anak tidak lagi mengompol. Sisa ompol pada umumnya akan menyisakan bau yang kurang sedap, namun tidak perlu khawatir anda dapat melakukan beberapa langkah untuk menghilangkan bau ompol.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi bau ompol :

• Bekas bau ompol yang menempel pada seprei bisa segera Anda dicuci. Anda juga dapat menambahkan dengan setengah gelas cuka putih dalam air rendaman. Hal ini berguna untuk menghilangkan bau pesing dari ompol.

• Pada umumnya bau ompol akan merembes ke dalam kasur meskipun kasir sudah dijemur tetapi bau pesing tetap saja menempel. Cara yang efektif guna menyingkirkan bau dari kasur anak dapat dilakukan dengan cara menggosok menggunakan handuk untuk dapat menyerap sisa dari ompol kemudian Anda juga dapat menekan dengan menggunakan handuk bagian yang terkena. Namun, tidak dianjurkan menggosoknya melainkan hanya menekan di bagian yang terkena ompol sampai cukup kering atau tidak lembab.

• Kasur kering dan masih bau jika hal ini terjadi Anda dapat menambahkan soda kue di area yang terkena ompol. Anda dapat mendiamkan soda kue selama 24 jam. Setelah itu Anda dapat menggunakan mesin penghisap debu guna menyedot sisa-sisa dari soda kue sehingga kasur lebih bersih dan tidak berbau.

• Di dalam ruangan kamar anak Anda yang terdapat bau bisa diatasi dengan membuka ventilasi secara rutin. Selain berguna dengan adanya pergantian udara. Cahaya pada matahari bagus untuk kesehatan.

• Anda juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengusir bau. Anda dapat menggunakan bubuk kopi kemudian Anda dapat meletakkannya pada sumber bau karena bubuk kopi dapat menyerap bau dengan baik.

• Apabila Anda memerlukan aromaterapi, pilihlah wangi yang tepat dan tidak menggangu anak Anda. Wangi yang tidak terlalu menyengat, usahakan untuk memilih wangi yang alami.

Bagi Anda yang akan selalu membersihkan dan merapikan ruangan anak, Anda juga bisa melibatkan anak Anda guna membersihkan kamar yang ditempatinya dengan mengajaknya untuk membantu Anda mengganti seprei kemudian Anda dapat memberitahukan jika mengompol merupakan kebiasaan yang tidak baik. Anda dapat membantu anak Anda untuk selalu buang air kecil sebelum tidur

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =

%d bloggers like this: