Tips Mengajarkan Anak Berbahasa Asing

Loading...

Memang banyak yang beranggapan bahwa anak-anak sebaiknya tidak dianjurkan untuk belajar bahasa-bahasa yang belum dikenalnya. Dikhawatirkan hal ini akan membuat anak sedikit bingung sehingga menghambat perkembangan bahasa “ibu” nya yaitu Bahasa Indonesia. Kekhawatiran ini memang sangat beralasan karena bagaimana pun juga sebagai orang asli Indonesia sudah menjadi suatu kewajiban untuk anak mahir dan juga mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan juga benar. Namun Anda tidak perlu khawatir Anda tetap dapat memperkenalkan bahasa asing kepada anak Anda.

Tips Mengajarkan Anak Berbahasa Asing

Berikut ini adalah beberapa tips mengajarkan anak berbahasa asing :

Pilih Bahasa yang Kita Kuasai
Bagaimana mungkin Anda dapat mengajarkan bahasa asing jika Anda sendiri tidak begitu menguasainya? Maka dari itu, pilihlah bahasa asing yang Anda juga kuasai untuk dapat diajarkan kepada anak Anda. Setidaknya Anda mengetahui bagaimana mengucapkan kata-kata dalam bahasa tersebut. Namun akan lebih baik lagi jika Anda mampu berkomunikasi secara aktif menggunakan bahasa tersebut.

Gerak Tubuh
Ketika Anda akan mengajarkan kata kerja dalam berbahasa asing, Anda dapat menggunakan gerak tubuh. Sebagai contoh saja, ketika meminta anak untuk tidur, Anda dapat berkata, “Let’s sleep.” namun Anda juga dapat membuat gerakan tubuh yang menjadi contohnya misalnya dengan cara menangkupkan kedua tangan, lalu meletakkannya di pipi Anda sambil memiringkan kepala dan kemudian menutup mata.

Program Televisi Berbahasa Asing
Untuk sesekali Anda dapat memutar Program acara TV ataupun film kartun kegemaran anak dengan menggunakan bahasa asing. Hal ini juga akan mempercepat anak untuk mengetahui maksud dari kata-kata yang diucapkan.

Permainan dalam Bahasa Asing
Cobalah untuk membeli educational toys dengan bahasa asing seperti Kartu Bayi Lengkap yang berisi kartu-kartu angka, huruf, binatang, dan juga berbagai jenis makanan. Ajaklah anak Anda bermain menggunakan kartu-kartu tersebut. Dengan sendirinya anak Anda akan mengetahui makna dari gambar tersebut dengan cara yang menyenangkan. Selain kartu, Anda juga bisa menggunakan lagu dengan berbahasa asing. Kenalkanlah lagu tersebut kepada anak yang mudah untuk dinyanyikan. Anda bisa menyanyikannya sebelum tidur atau juga sambil menyuapi anak. Atau Anda juga bisa memutarkan CD yang banyak berisi lagu asing.

Ajarkan Satu Kata dalam Sekali Waktu
Ketika Anda mengajarkan bahasa asing kepada anak di usia balita, jangan Anda langsung memberinya daftar dengan banyak kosa-kata yang harus anak Anda ingat. Ajarilah satu per satu kata dalam sekali waktu sampai anak Anda hingga anak benar-benar memahami dan juga dapat mengucapkan kata tersebut dengan baik dan juga benar

Tak perlu Anda mengajari anak untuk bagaimana mengeja kata tersebut, yang diperlukan anak pada usia balita hanyalah pengenalan kata. bisa juga Anda mencoba untuk menunjukkan suatu gambar. Contohnya saja gambar kucing lalu Anda bisa meminta anak Anda mengucapkannya dalam bahasa asing. Minta anak Anda untuk mengulanginya. Tunjukkan lagi gambar yang sama pada lain waktu dan lihatlah apakah anak Anda masih mengingat bagaimana cara menyebutnya dalam bahasa asing.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 19 =

%d bloggers like this: