Memperkenalkan Musik Pada Anak

Loading...

Banyaknya sekolah dan juga empat kursus musik di Indonesia akhir-akhir ini sungguh menjadi kabar yang menggembirakan. Kesadaran bahwa musik banyak memiliki manfaat bagi kehidupan juga banyak membuat Anda para orang tua mendorong putra-putri mereka untuk belajar musik. Namun sangat disayangkan banyak orang tua yang belum menyadari bahwa belajar musik juga harus melalui tahapan yang tepat.

Memperkenalkan Musik Pada Anak

Sering kali dengan tanpa memberi pilihan, orang tua akan langsung memasukkan anaknya ke dalam kelas piano, gitar atau juga vokal. Namun keadaan yang sebenarnya adalah sebenarnya ingin masuk dalam kelas drum menjadikan anak sungkan untuk belajar musik karena dengan minat yang tidak sesuai dengan keinginannya. Pada akhirnya anak akan merasa belajar musik menjadi kegiatan yang menyebalkan. Keadaan seperti ini akan membuat tujuan orang tua tidak akan tercapai dan potensi musikal pada anak tidak akan menjadi salah satu kengunggulan yang dimikinya. Dalam mengajarkan musik, hal yang pertama untuk Anda lakukan ialah mengenalkan musik pada anak. Biasanya setelah melalui tahap ini, anak-anak tidak akan perlu dipaksa untuk belajar musik kegemaran.

Berikut ini adalah beberapa tahap yang perlu Anda perhatikan dalam memperhatikan musik pada anak :

Pengenalan musik
Mengenal musik merupakan tahap awal yang wajib dilakukan sebelum anak akan belajar memainkan instrumen musik atau juga belajar menyanyi. Hal ini sangatlah penting karena tujuannya adalah mengajak anak untuk mencintai musik dan juga mengasah kepekaan musikalnya.

Mencintai musik
Anak juga harus diajarkan untuk mencintai musik, jika anak mencintai musik tentu saja hal ini akan membuat anak lebih mudah menyerap pelajaran tentang musik yang akan diberikan. Bukan hanya itu seseorang yang mengenal dan juga memainkannya akan mengetahui bahwa masih juga sangat penting dalam aspek kehidupan.

Mengasah Kepekaan Musikal
Usia 2 tahun merupakan usia yang tepat untuk memperkenalkan musik kepada anak, karena pada usia ini syaraf pada otak untuk belajar musik telah matang. Musik sendiri terdiri dari 5 unsur utama yaitu nada, ritme, notasi, melodi dan juga harmoni hal tersebut akan dapat mengasah kepekaan musikal anak melalui banyak kegiatan. Maka dari itu itu bermain sambil belajar musik merupakan metode paling efektif untuk mengenalkan anak dan juga mengajarkannya musik. Orang tua dan juga guru musik bisa menciptakan permainan yang mengandung nyanyian serta tarian. Memainkan lalu mengeksplorasi bunyi dengan alat perkusi sederhana juga bisa menjadi bagian dari tersebut yang dapat menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak.

Memperkenalkan anak kepada musik sejak dini dan juga melatih kepekaan musikal tidak hanya bertujuan untuk mencetak anak yang handal untuk menjadi pemusik. Namun musik juga dapat membantu anak untuk berekspresi lebih baik serta melatih kepekaan mereka terhadap seni dan lingkungan, musik juga dapat meningkatkan kecerdasan otak, daya pikir, kreativitas, serta kesehatan dan percaya diri tampil di muka umum.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − three =

%d bloggers like this: