Fakta Unik Tentang ASI

Loading...

Anda tentunya tidak asing dengan cairan ajaib yang menjadi dan merupakan makanan atau minuman yang paling penting bagi pertumbuhan bayi pada fase kehidupan pertamanya. ASI yaitu makanan tersehat dan juga terbaik yang dapat Anda berikan untuk anak Anda. Ini dikarenakan sudah menjadi kewajiban para wanita untuk bisa mencurahkan segenap kasih sayangnya kepada bayi Anda yang baru saja dilahirkan melalui pemberian ASI secara maksimal dan dengan jumlah kebutuhan ASI yang sesuai usianya. Tetapi dari beberapa manfaat yang terdapat dalam ASI, ternyata masih sangat banyak fakta tentang ASI yang harus Anda ketahui.

Fakta Unik Tentang ASI

Berikut ini adalah beberapa fakta unik tentang ASI yang wajib Anda ketahui :

• ASI yang pertama kali keluar bernama Colostrum. ASI pertama ini sangat banyak mengandung zat yang berguna untuk kekebalan tubuh dan juga zat penting lainnya yang berguna untuk pencernaan bayi. Usahakan untuk tidak memeras dan membuang ASI pertama walaupun jumlahnya hanya sedikit karena ASI pertama sangat bermaanfaat bagi bayi.

• Untuk membersihkan puting susu Anda dengan ASI yang diperas akan lebih baik jika Anda menggunakan air hangat yang berguna agar area di sekitar payudara lebih bersih sehingga ASI yang akan diperas tidak mengandung bakteri.

• ASI biasanya akan keluar lebih sedikit pada hari pertama dan pada hari-hari di awal kelahiran. ASI yang keluar paling pertama yaitu colostrum yang dari segi jumlahnya memang sedikit namun ASI pertama ini mampu mencukupi kebutuhan bayi dalam 1×24 jam.

• Lancar atau tidaknya ASI bukanlah tergantung dari banyaknya makanan dan juga minuman yang Anda konsumsi, melainkan dari seberapa sering ASI dikeluarkan atau diberikan kepada bayi Anda. Apabila Anda semakin sering memberikan ASI kepada bayi Anda, maka produksi ASI juga akan semakin berlimpah.

• Anda sebagai ibu akan bisa tetap memberikan ASI kepada bayi Anda meskipun Anda dalam keadaan sakit karena pada tubuh Anda akan membuat zat kekebalan terhadap penyakitnya. Zat ini akan disalurkan pada bayi Anda melalui ASI sehingga bayi tidak akan tertular sakit yang Anda derita.

• Kandungan gizi yang terdapat dalam ASI tidak akan bisa disamai oleh susu formula.

• Pemberian ASI terhadap bayi Anda tentunya tidak akan menyebabkan payudara Anda kendur karena payudara yang kendur lebih disebabkan oleh kehamilan dan juga pertambahan usia.

• ASI tentunya dapat diberikan oleh semua wanita, meskipun ukurannya berbeda-beda, dengan bentuk yang pendek, tenggelam, besar ataupun dengan bentuk yang kecil karena bayi akan menyusu bukan pada putting Anda melainkan pada payudara yang Anda miliki.

• Pada besar kecilnya payudara bukanlah penentu dari banyak ataupun sedikit ASI yang dapat dihasilkan karena besar dan kecilnya payudara akan ditentukan banyak sedikit lemak, bukanlah jumlah kelenjar susu yang terdapat pada payudara itu sendiri.

• ASI yang dapat Anda berikan di 6 bulan pertama umur bayi Anda akan sangat bermanfaat bagi kecerdasan bayi dan perkembangan motoriknya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 1 =

%d bloggers like this: