Fakta Unik Mengenai Anak Kembar

Loading...

Tentunya Anda sebagai orang tua akan merasa senang ketika Anda mengetahui akan mendapatkan bayi kembar. Tentu saja Anda akan menyiapkan pakaian yang sama serta memikirkan nama anak kembar untuk calon buah hati kembar Anda. Namun, biasanya hamil anak kembar akan diiringi dengan mitos-mitos menyesatkan dari lingkungan sekitar. Anda tidak perlu merasa panik, Anda justru harus tenang dan mencari tahu dan juga mengerti akan penjelasannya. Selain itu banyak fakta menarik tentang anak kembar yang juga perlu Anda ketahui.

Fakta Unik Mengenai Anak Kembar

Berikut ini adalah beberapa fakta unik mengenai anak kembar :

Mana kakak, mana adik?
Mitos yang paling sering didengar ialah, bayi kembar yang lahir terlebih dahulu adalah adiknya, bukan kakak. Ini dikarenakan kakak “membantu” adiknya untuk keluar terlebih dahulu. Namun pada dunia kedokteran sepakat menyatakan, bayi yang lahir lebih dulu (berdasarkan tanggal dan juga waktu) ialah kakak, dan dilanjutkan dengan adik.

Si baik vs si jahat
Dalam mitologi lama, anak yang terlahir kembar selalu digambarkan sebagai sisi baik dan juga sisi jahat, atau pemimpin untuk yang berumur lebih tua dan pengikut untuk yang berumur lebih muda. Hal ini dapat terjadi karena salah satu dari mereka jenuh dikarenakan dikait-kaitkan hingga ingin menjadi lebih unggul dari saudara kembaranya. Padahal, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan jika kepribadian kembar sebagai bentuk jenis dari persaingan. Yang banyak terjadi, anak kembar ini justru memiliki kepribadian dan juga talenta yang unik serta selalu ingin melengkapi.

Anak kembar tidak boleh satu sekolah karena bisa mengganggu prestasinya
Pada beberapa sekolah yang menerapkan peraturan tersebut dengan standar bahwa anak kembar tidak diperbolehkan menempati kelas yang sama. Alasannya adalah agar anak dapat mengembangkan diri sebagai satu individu independen mereka dan tidak akan tergantung kembarannya. Beberapa pakar dan ahli justru menyarankan jika anak kembar untuk selalu bersama agar karakter, ikatan emosi, dan juga pertumbuhannya dapat berkembang menjadi lebih baik. Apabila pemisahan dilakukan, maka hal ini dapat merusak pengalaman pendidikan dan karakter mereka. Dari sisi psikologis, pada setiap anak kembar biasanya akan lebih merasa nyaman jika berada di dekat kembarannya.

Jika salah satu anak kembar sakit, saudara kembarnya pasti sakit juga
Inti dari mitos ini yaitu anak kembar mempunyai kemampuan telepati. Apabila jika yang satu tidak bisa menyelesaikan perkataannya, saudara yang lainnya akan mampu membaca pikiran dan kemudian menyelesaikan perkataannya. Ini dapat terjadi karena anak kembar memiliki “bahasa kode” yang tidak akan dimengerti orang lain selain mereka sendiri atau bisa disebut idioglossia. Kemampuan tersebut dapat timbul karena kedekatan emosional yang ada sudah dimulai sejak di dalam kandungan. Sehingga apabila saudara kembarnya mengalami sakit maka tentu saja saudara lainnya akan ikut merasakan sakit yang diderita saudaranya.

Hanya anak kembar yang bisa memiliki keturunan kembar
Kehamilan anak kembar memang sangat mungkin terjadi pada pasangan yang mempunyai riwayat keluarga keturunan kembar. Pada era ilmu kedokteran yang sudah semakin maju ini, sudah banyak tersedia obat pemicu tumbuh-kembang sel telur. Pada kasus ini akan terjadi pematangan dan juga pelepasan sel telur lebih dari satu yang kemudian akan dibuahi lebih dari satu sel sperma, membuat kehamilan kembar itu dapat terjadi. Pembuahan juga dapat terjadi secara alami maupun pada pembuahan bayi tabung.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =

%d bloggers like this: