Tips Mengajari Anak Berenang

Loading...

Berenang adalah salah satu aktivitas yang sangat disenangi anak-anak. Latihan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan motorik pada anak. Yang perlu untuk Anda ketahui, pada saat usia bayi anak-anak sudah memiliki kemampuan untuk berenang. Hal ini tentunya sangat berhubungan dengan kemampuan bayi dalam kandungan yang telah terbiasa dengan air ketuban. Pada usia 4 bulan, bayi juga sudah memiliki kemampuan refleks untuk menyelam.

Tips Mengajari Anak Berenang

Jika Anda ingin mengajarkan anak Anda olahraga ini sebaiknya Anda terlebih dahulu membiasakan diri untuk membuatnya nyaman di dalam air. Setelah itu sebelum Anda mengajak anak Anda ke tempat berenang. Anda tentunya dapat memilih tempat berenang yang memberikan rasa nyaman untuk anak. Anda pundapat mendaftarkan ke dalam kelas berenang khusus untuk bayi. Dengan bantuan ini bayi akan lebih bisa diajarkan banyak hal dan juga akan mengurangi kekhawatiran Anda. Kelas ini biasanya terdiri dari sekitar 10 bayi yang akan diajari oleh beberapa instruktur.

Berikut ini ialah tips aman mengajarkan bayi berenang :

Perkenalkan kolam berenang pada bayi
Salah satu cara yang paling baik ialah dengan memperkenalkan kolam renang pada bayi terlebih dahulu dan dengan meletakan bayi di tepi kolam lalu melatihnya sedikit demi sedikit agar bayi tidak merasa terkejut, salah satu caranya Anda bisa duduk di tepi kolam lalu memasukan bayi setengah badan ke dalam kolam dan mengangkatnya.

Berikan rasa aman
Anak memiliki ikatan batin yang kuat dengan orang tuanya. Ketika melakukan aktivitas ini sebaiknya mengajarkan bayi berenang dengan cara menjaga kontak mata Anda dengannya serta Anda dapat memberikan senyum dan juga dorongan untuk bayi belajar berenang.

Pilihan kolam berenang
Pada saat Anda mengajarkan olahraga renang pada anak Anda, sebaiknya memperhatikan beberapa hal diantaranya pilihan kolam yang memberikan kelas khusus untuk bayi. Hal ini tentunya bertujuan untuk memberikan nyaman dan juga aman selama bayi di tempat berenang.

Perhatikan kondisi kesehatan Anda dan bayi
Pastikan kondisi kesehatan Anda dan juga bayi. Jika bayi Anda mengalami masalah kembung dan juga gangguan pencernaan lainnya sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas menguras tenanga yang satu ini

Tunjukan keberanian Anda saat berenang
Anda juga dapat meyakinkan bayi Anda, apabila berenang adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Anda dapat mengambil posisi membaringkannya secara telentang dengan kepala bersandar kepada bahu Anda dan juga dorong bayi Anda untuk menendangkan kaki ke dalam air.

Pakai krim perawatan kulit
Khusus bayi yang memiliki masalah dengan kulit yang sensitif, sebelum melakukan aktivitas ini sebaiknya Anda memberikan gel yang bisa membantu mengurangi resiko dari kesehatan kulit. Apabila Anda ingin memastikan penanganan khusus sebaiknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter agar hal ini tidak mengganggu kenyamanan bayi Anda setelah berenang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × three =

%d bloggers like this: