Merawat Anak yang Terkena Cacar

Loading...

Cacar yang bernama ilmiah ‘Varisela’ ialah salah satu penyakit yang banyak sekali diderita mulai dari bayi sampai dengan orang dewasa. Penyakit yang satu ini juga sangat mudah menular. Penyakit ini ditandai dengan bintik-bintik kemerahan di permukaan kulit. Hal yang tentunya bisa Anda lakukan ialah dengan membawanya ke dokter guna menentukan jenis cacar . Cacar ini bisa menjadi lebih berbahaya dan juga dapat menyebabkan komplikasi pada anak, maka dari itu dengan konsultasi pada dokter tentunya akan membantu Anda dalam pengobatan. Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, sehingga tidak akan merespon bila diberikan antibiotik. Hal ini akan hilang dengan sendirinya, namun Anda untuk meredakan gejala pada anak Anda dengan beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Merawat Anak yang Terkena Cacar

Berikut ini merupakan cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat anak yang terkena cacar :

• Anda dapat juga memberikan anak Anda parasetamol untuk menurunkan suhu dan juga meredakan sakit dan nyerinya, namun haruslah diingat hal ini dapat diberikan apabila anak Anda berada diusia lebih dari 3 bulan. Anda juga dapat bertanya tentang dosis oleh dokter ataupun apoteker. Untuk anak yang alergi terhadap parasetamol maka bisa diganti dengan pemberian ibuprofen dan juga diberikan tentunya dengan dosis yang sesuai dengan usia anak. Pemberian ibuprofen untuk bayi yang masih berusia sangat muda dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan di kemudian hari.

• Usahakan untuk memberikan Anak banyak cairan hal ini untuk mencegah anak dari kondisi dehidrasi. Penting juga untuk pemberian ASI bagi bayi yang masih menyusui tentunya hal ini sangat dibutuhkan guna menjaga asupan nutrisi dan juga menjaga fungsi kekebalan tubuhnya.

• Untuk mengatasi bintik gatal, Anda dapat menggunakan lotion yang dianjurkan oleh dokter. Apabila usia dari anak Anda berusia lebih dari satu tahun, dokter mungkin meresepkan antihistamin chlorphenamine. Obat ini juga memiliki efek menenangkan yang membantu anak untuk tidur dengan lebih nyaman.

• Usahakan untuk menjaga kuku anak agar tetap pendek. Hal ini untuk mencegah anak terus menggaruk bagian tubuhnya yang terasa gatal serta akan membantu untuk mencegah anak dari infeksi yang ditimbulkan dari kotoran yang berada dalam kuku.

• Gunakan pakaian yang agak longgar, pakaian berbahan dasar katun menjadi pilihan tepat bagi anak dalam mengurangi gatal dan juga mencegah anak mengeluarkan keringat secara berlebihan.

• Anda juga dapat menyediakan sabun antiseptik agar dapat anak Anda gunakan ketika mandi sabun ini biasanya sangat berguna untuk mengurangi gatalnya.

• Penting untuk Anda segera memeriksakan kondisi anak kembali ke dokter apabila anak mengalami bentol yang besar yang terinfeksi dengan kuman, apabila anak mengalami bengkak dan terdapat nanah atau anak mengalami demam yang sangat tinggi, disertai sakit kepala, muntah dan juga gatal yang tidak kunjung hilang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 14 =

%d bloggers like this: