Tanda Anak Siap Mengkonsumsi Makanan Padat

Loading...

Untuk Anda yang mempunyai bayi pasti akan bertanya – tanya apakah bayi Anda sudah siap atau belum untuk mengkonsumsi makanan padat untuk pertama kalinya. Karena tak jarang bayi terlihat siap untuk makan makanan padat, tapi ternyata ia masih belum siap dengan makanan padat. Umumnya, bayi akan siap untuk makan makanan padat saat ia masih merasa lapar jika hanya meminum susu. Saat seperti ini, sistem pencernaannya akan mengirimkan sinyal bahwa ia sudah siap untuk menerima makanan padat dan bayi Anda pun siap dengan kebiasaan makan yang barunya. Banyak tanda untuk mengetahui bahwa bayi sudah siap makan makanan padat.

Tanda Anak Siap Mengkonsumsi Makanan Padat

Berikut ini ada beberapa tanda-tanda bayi yang sudah siap dengan makanan padat :

Bayi sudah bisa duduk
Bayi sudah siap menerima makanan padat pada saat ia sudah bisa duduk dengan baik. Pada umumnya, bayi akan mulai belajar duduk saat memasuki usia 6 bulan dan jika bayi Anda sudah bisa duduk, maka sudah siap untuk makan makanan padat. Namun sekarang ini sudah ada kursi makan yang bisa membantu bayi Anda untuk duduk dengan baik saat makan.

Bayi sudah mampu mengangkat tinggi kepalanya
Sebagian bayi biasanya sudah mampu mengangkat kepalanya pada saat baru dilahirkan. Namun, sering kali bayi baru bisa mengangkat kepalanya saat sudah memasuki usia 4 bulan atau bisa lebih tergantung pada kondisi perkembangan masing – masing bayi. Saat bayi sudah mampu mengangkat kepalanya dengan tinggi dan secara konsisten dan dalam waktu yang cukup lama, saat itulah ia sudah siap untuk mengkonsumsi makanan padat.

Bayi sudah cukup besar untuk mengkonsumsi makanan padat
Bayi yang sudah siap dengan makanan padat juga bisa dilihat dari berat badannya. Cara yang paling sederhana untuk menentukannya adalah jika berat badan bayi sudah mencapai 2 kali dari berat badannya saat dilahirkan dan juga sudah mencapai berat badan minimal 6 kg, maka bayi Anda sudah siap untuk makan makanan padat.

Si kecil membuka lebar mulutnya
Apabila semakin bayi mengenal dengan dunia di sekitarnya, bayi Anda juga akan mulai tertarik dengan makanan. Anda mungkin pernah beberapa kali melihat bayi Anda membuka mulutnya lebar saat melihat seseorang menyuapkan makanan padanya. Pada saat Bayi Anda sudah tahu bahwa ia harus membuka mulut saat makan, saat inilah ia sudah siap untuk menerima makanan padat.

Baik bagi bayi Anda jika memulai makanan yang lebih lunak terlebih dahulu ini guna membiasakan sistem pencernaannya, Anda bisa memberikannya bubur saring dan juga jus buah yang tentunya banyak nutrisi juga gizinya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − nine =

%d bloggers like this: