Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Loading...

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa di zaman ini gadget berkembang dengan sangat pesat. Bukan hanya sebagai gaya hidup gadget juga sudah menjadi suatu kebutuhan. Namun, bagi para orang tua tentunya Anda tetap harus mewaspadai penggunaan gadget terhadap anak Anda. Jika anak sudah kecanduan gadget maka akan sulit untuk menghilangkannya. Sudah diketahui saat ini hampir semua anak telah memiliki gadget masing-masing dan menggunakan teknologi yang dimiliki gadget itu sendiri. Jika anak terlalu lama bermain gadget akan mengakibatkan mata menjadi minus dan juga kepribadian yang akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu membatasi anak dalam bermain gadget.

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi kecanduan gadget pada anak :

Menghabiskan Waktu untuk Anak
Sebagian waktu anak memang dihabiskan untuk bermain. Ada baiknya Anda juga ikut menemaninya bermain. Menghabiskan waktu dengan anak Anda adalah hal yang sangat penting. Anda bisa mengajarinya memasak ataupun mengajaknya berekreasi alam agar anak tidak selalu terpaku pada gadget di rumah. Menghabiskan waktu bersama anak dapat mendekatkan diri Anda kepada anak sreta Anda juga bisa lebih mengawasi kegiatan anak Anda.

Membuat Daftar Batasan Waktu
Sebagai orang tua, Anda tentunya mempunyai hak dalam membatasi waktu bermain anak, termasuk dalam hal penggunaan gadget. Menggunakan gadget tentu saja diperbolehkan namun jangan sampai anak Anda menjadi lalai terhadap tugas dan juga tanggung jawabnya. Sebagai orang tua Anda seharusnya bisa memberi batasan kepada anak Anda ketika mereka bermain gadget.

Tidak Memberikan Gadget pada Anak yang Masih Terlalu Dini
Tips yang satu ini juga sangat penting untuk mengatasi kecanduan gadget. Gadget memang tidak diperuntukan untuk anak kecil, karena apabila mereka sudah lama mengenal gadget maka akan susah untuk dipisahkan. Maka dari itu sebagai orang tua sebaiknya tidak memberikan hak langsung pada anak, melainkan hanya mengenalkan dahulu dengan batasan waktu. Untuk anak usia dini Anda bisa memberikan mainan berupa boneka,bola, dan juga mainan lainnya.

Ajak Anak Berkegiatan di Luar Rumah
Kesalahan yang banyak dilakukan oleh para orang tua ialah melarang anak untuk beraktivitas bermain di luar. Ketika anak jarang bermain, anak akan cenderung menjadi pribadi yang kurang aktif dan akan menjadikan gadget sebagai maianan utamanya. Maka dari itu sebaiknya orang tua memberikan waktu untuk kegiatan di luar dengan teman seusianya. Tentunya yang perlu diperhatikan adalah tetap mengawasi dan juga selalu memperhatikan lingkungan bermain anak agar tetap aman.

Itulah beberapa tips untuk mengindarkan anak Anda dari kecanduan gadget. Teknologi tentunya penting untuk perkembangan anak namun Anda juga harus memberikan batasan-batasan untuk penggunaannya dan tetap mengawasinya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + four =

%d bloggers like this: