Fase Penyakit Demam Berdarah Pada Anak

Loading...

Dalam musim pancaroba tentunya akan banyak sekali penyakit yang ditimbulkan lingkungan sekitar, Kebutuhan kesehatan tentunya sangat bernilai bagi Anda, terutama Anda yang telah dikaruniai buah hati. Tentunya Anda akan sangat menjaga kesehatan buajh hati Anda. Namun sayangnya penyakit tetap bisa menyerang walaupun Anda sudah ekstra hati-hati. Salah satu penyakit yang banyak ditakuti kalangan masyarakat adalah demam berdarah dengue (DBD). Demam berdarah seringkali tidak terdeteksi secara dini karena ciri -cirinya sama dengan demam biasa. Akibatnya, ketika penyakit ini diketahui sudah agak terlambat akan membuat pasien sudah dalam keadaan yang parah. Penyakit yang satu ini juga telah banyak menimbulkan korban termasuk anak-anak.

Fase Penyakit Demam Berdarah Pada Anak

Jika diperhatikan banyak dari pasien demam berdarah tidak menunjukan gejala apapun terutama pada anak-anak karena sifatnya yang selalu penuh energi. Namun ada juga yang mengalami demam. Ancaman dari penyakit ini sangatlah penting untuk diketahui, penyebaran dari virus yang dibawa berlangsung selama 3 hari sampai dengan 2 minggu.

Berikut ini adalah beberapa fase penyakit demam berdarah pada anak :

Fase demam
Gejala dari penyakit demam berdarah sendiri biasanya digambarkan dengan bentuk pelana kuda. Biasanya pada 3 hari awal suhu tubuh dari anak akan sangat tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius. Hal ini biassnya diikuti juga dengan nyeri dipersendian, sakit kepala dan masih banyak lagi. Sakit kepala bisa menjadi lebih sakit jika demam yang diderita semakin tinggi. Namun gejala yang ditimbulkan tidaklah spesifik, karena gejala ini bisa saja dialami jika anak terkena penyakit lainnya.

Fase kritis
Pada fase ini biasanya demam akan turun dan para orang tua biasanya mengangap anak mereka telah sembuh dari demam, namun fase inilah yang sebenarnya membahayakan. Jika Anda memperhatikannya dengan lebih seksama maka pada fase ini akan muncul ruam dan juga bintik-bintik merah. Ruam yang ditimbulkan mirip seperti penyakit campak, namun bintik-bintik tersebut akan hilang apabila ditekan. Penyebab dari keadaan tersebut adalah pecahnya pembuluh darah kapiler.

Anak juga bisa mengalami pendarahan yang relatif ringan pada bagian hidung yang disebut dengan mimisan.Pada bagian abdomen juga akan menumpuk cairan yang menyebabkan bocornya pembuluh darah jika hal ini terjadi maka dianjurkan untuk melakukan transfusi darah. Oleh karena itu, pada fase tersebut anak sangat butuh pertolongan medis, usahakan anak Anda untuk minum banyak air putih. Penurunan kadar trombosit juga bisa dilihat apakah anak Anda memang terjangkit penyakit ini, hal ini bisa diketahui dengan cara melakukan tes darah secara medis.

Fase Penyembuhan
Ini adalah fase terakhir dari DBD, dimana kondisi anak akan membaiki serta trombosit akan naik kembali. Anda tidak perlu cemas karena pada fase ini adalah periode penyembuhan. Proses penyembuhan juga akan ditandai naiknya trombosit dalam darah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + nine =

%d bloggers like this: