Faktor yang Menyebabkan Pendarahan Saat Hamil

Loading...

Menstruasi pada saat hamil bisa menjadi hal yang membingungkan bagi sebagian wanita hamil. Sebenarnya, hal ini tidak mungkin terjadi karena salah satu tanda wanita hamil adalah tidak akan mengalami menstruasi. Jadi, kehamilan dan juga menstruasi tidak mungkin terjadi dalam waktu yang bersamaan karena terdapat hormon aktif yang bekerja selama kehamilan dan digunakan mencegah terjadinya ovulasi. Jadi, tidak ada menstruasi tanpa adanya proses ovulasi. Lalu, apa saja yang perlu diketahui jika saat hamil mendapati flek yang terlihat jelas?

Faktor yang Menyebabkan Pendarahan Saat Hamil

Apabila seorang wanita hamil mengalami flek-flek dan juga merasa bahwa dirinya mengalami menstruasi ini dimungkinkan adanya peluruhan lapisan pada dinding rahim. Lapisan tersebut ada dan berguna untuk memelihara janin di dalma kandungan. Maka dari itu, tidak akan mungkin terjadi kehamilan dapat dipertahankan jika seorang wanita mengalami menstruasi.

Faktor Yang Menyebabkan Pendarahan Saat Hamil
• Adanya implantasi pada embrio
Hal ini terjadi sekitar 2–7 hari setelah terjadinya pembuahan dan sel telur yang telah dibuahi ini berusaha untuk melekatkan diri ke dinding rahim secara alami. Selama tahap ini, maka pendarahan mungkin saja terjadi dan ini merupakan kondisi yang normal karena hampir sepertiga wanita yang hamil banyak mengalaminya.

• Faktor kehamilan ektopik
Faktor ini adalah faktor yang berbahaya karena terjadi pada saat sel telur yang telah dibuahi berimplantasi di luar rahim dan sering terjadi di tuba falopi. Apabila embrio ini tumbuh dan berkembang, maka tuba falopi ini dapat pecah yang akan menyebabkan terjadinya pendarahan yang justru bisa mengancam jiwa Anda. Gejala yang umum terjadi adalah rasa nyeri dan pendarahan.

• Keguguran
Jika mengalami kehilangan darah yang disertai dengan nyeri kram yang terjadi di bawah perut dan juga rasa sakitnya pun melebihi rasa sakit menstruasi. Bentuk pendarahan ini disertai dengan gumpalan dan massa jaringan yang bisa disebabkan oleh karena stres, berhubungan badan, dan mengangkat beban yang terlalu berat.

• Mengkonsumsi pil KB
Pil KB dapat menyebabkan terjadinya resiko terjadinya pembekuan darah sekitar 3 sampai 4 kali lipat, karena pil KB mengandung progestin dan juga estrogen.

• Penyebab lainnya yaitu terjadinya trauma dan robekan pada dinding vagina, terjadi infeksi, pemeriksaan vagina dan juga karena berhubungan badan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =

%d bloggers like this: