Fakta Tentang Heartburn

Loading...

Heartburn merupakan gejala utama dari penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Stres dan merokok diduga sebagai penyebab utama dari penyakit ini. Kondisi orang dengan heartburn, biasanya akan makin memburuk ketika mereka sedang berbaring, membungkuk dan juga makan secara berlebihan.

Fakta Tentang Heartburn

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai heartburn, berikut ini adalah beberapa fakta tentang heartburn :

Heartburn tidak hanya sekedar gejala
Walaupun tidak semua orang mengalaminya, sensasi terasa terbakar pada perut Anda merupakan gejala dari banyak penyakit acid reflux (asam lambung yang berlebih). Sebagian yang lainnya lagi justru mengalami kesulitan menelan bahkan mengalami  batuk darah. Acid reflux terjadi ketika otot sfingter yaitu otot penghubung kerongkongan dengan perut berada pada keadaan yang santai pada waktu yang salah, dan tetap terbuka dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut memungkinkan asam lambung akan mengalir, dan kembali ke dalam kerongkongan.

Antasida saja tidak cukup
Jika mengalami rasa mulas sesekali, antasida dapat bekerja dengan baik. Namun apabila gejala mulas terus berulang setiap dua kali seminggu hingga menganggu aktivitas Anda, lebih baik jika antasida tidak Anda gunakan lagi.

Jangan mengabaikan gejala
Jika tidak segera diobati asam refluks kronis dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi pada kerongkongan, luka pada kerongkongan dan juga kondisi pra kanker (Barret Esophagus). Segera lakukan tindakan pengobatan apabila penyakit ini kembali lagi.

Wanita lebih beresiko
Wanita mempunyai resiko yang lebih besar terkena heartburn dibandingkan pria. Banyak gejala yang dapat muncul selama masa kehamilan dan juga masa-masa sebelum periode tersebut. Selain itu, berat badan yang berlebih atau obesitas bisa menjadi faktor resiko. Obesitas menempatkan tekanan pada otot sfingter yang memicu naiknya asam.

Jangan menyerah pada makanan kesukaan
Biasanya dokter akan lebih menyarankan Anda untuk menghindari aneka makanan pedas serta konsumsi buah jeruk. Namun kenyataannya, makanan-makanan tersebut tidak mengganggu. Anda juga perlu mengurangi konsumsi gula pada makanan dan juga usahakan untuk tidak makan sebelum menjelang waktu tudur.

Perbaiki posisi tidur
Mengatur kepala pada posisi yang lebih tinggi biasanya dapat membantu mengurangi gejala heartburn. Anda dapat menambah ketinggian pada bagian kepala dengan bantal. Memiringkan seluruh tubuh ke bagian bawah pada malam hari juga dapat membantu Anda membersihkan kerongkongan.

Menyerupai gejala serangan jantung
Gejala asam lambung yang naik pada wanita seringkali menyerupai gejala serangan jantung. Kedua gejala tersebut menunjukkan rasa yang nyeri pada dada. Namun berbeda dengan heartburn, gejala jantung yang mungkin terjadi biasanya berupa berkeringat, mual hingga nyeri dada yang menjalar dari leher sampai bahu kiri, mulas setelah makan, dan memiliki keluarga dengan riwayat serangan jantung.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × five =

%d bloggers like this: