Mengenal Lebih Dalam Tentang Tummy Tuck

Loading...

Tummy tuck atau istilah medisnya disebut dengan abdominoplasty merupakan tindakan operasi atau pembedah untuk mengurangi lemak dan kulit yang berada di daerah perut, biasanya lemak dan kulit di bagian bawah perut atau di bagian bawah pusar. Tummy tuck berfungsi untuk membuang kelebihan lemak di perut serta dapat mengencangkan otot-otot di sekitar perut. Saat operasi, otot dan juga kulit yang berlebih dan bergelambir ditarik ke bawah, dan kelebihannya dibuang. Makin banyak timbunan lemak di perut, maka semakin banyak pula jumlah lemak yang harus dibuang.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Tummy Tuck

Pebedaan Tummy Tuck dengan Liposuction
Tummy tuck tidak sama dengan Liposuction. Pada tummy tuck, tak hanya lemak di perut yang akan dibuang, namun juga kulit yang berlebih di sekitar perut. Selain itu, tummy tuck juga akan mengencangkan otot-otot di perut. Sedangkan pada liposuction hanya menyedot atau mengeluarkan lemak dari tubuh saja. Dalam proses pengerjaannya, liposuction akan lebih cepat dilakukan. Selain itu, proses penyembuhan serta pemulihan liposuction juga lebih cepat daripada tummy tuck.

Tummy Tuck untuk Pria dan Wanita
Baik wanita maupun pria, dua-duanya bisa melakukan tummy tuck. Rata-rata kaum wanita umumnya melakukan tummy tuck karena alasan kecantikan, ingin mendapatkan kembali perut yang langsing, kencang, dan rata. Sementara kaum pria yang melakukan tummy tuck lebih sering karena alasan kesehatan. Beberapa di antara kaum wanita yang melakukan tummy tuck adalah wanita yang memiliki masalah perut besar, kendur pasca melahirkan. Orang yang akan melakukan tummy tuck adalah orang yang memang benar kesulitan untuk menghilangkan timbunan lemak di perutnya. Itu artinya, orang yang bersangkutan sudah mencoba melakukan olahraga dan diet untuk mengecilkan dan meratakan perutnya. Saat berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan proses tummy tuck, karena biasanya dokter terlebih dahulu menyarankan pasien untuk olahraga dan diet terlebih dahulu.

Persiapan Menjalani Operasi Tummy Tuck
Beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum menjalani tummy tuck :
• Yang harus dilakukan bila Anda ingin melakukan operasi tummy tuck tentunya berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik.
• Orang yang akan melakukan tummy tuck tidak boleh mengonsumsi obat apapun termasuk obat herbal. Sama seperti tindakan operasi lainnya, sebelum melakukan tummy tuck terlebih dahulu dilakukan pembiusan. Operasi tummy tuck biasanya membutuhkan waktu 3 jam hingga 5 jam.

Pasca Operasi Tummy Tuck
Setelah melakukan prosedur ini biasanya pasien diminta untuk menggunakan korset selama 2 minggu atau lebih, bahkan bisa sampai 3 atau 4 bulan, agar hasilnya lebih baik lagi. Untuk beraktivitas seperti berjalan, baru boleh dilakukan 6 hari pasca operasi tummy tuck. Sebelum 6 hari, pasien diharuskan berbaring. Sementara itu, untuk aktivitas fisik lainnya yang lebih berat, baru boleh dilakukan 4 bulan pasca operasi.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × 4 =

%d bloggers like this: