Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

Loading...

Masalah ini adalah satu dari sekian banyak masalah yang rata-rata dikeluhkan oleh para orang tua. Bahkan biasanya Anda telah melakukan berbagai cara untuk membuat buah hati Anda mempunyai keinginan untuk makan. Bukan hanya itu saja banyak dari anak Anda yang selalu memilih makanan dan apabila tidak dituruti meraka akan lebih sulit lagi untuk makan. Ketika anak berusia 6 bulan biasanya Anda telah menyelinginya dengan makanan padat, pada saat ini Anda harus lebih teliti dengan pola makannya. Selain itu, Anda juga harus memikirkan cara efektif memberi anak makan.

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

Berikut adalah beberapa cara mengatasi anak yang susah makan :

Sedikit
Kapasitas lambung anak tentunya tidak seperti orang dewasa, begitupun dengan kapasitas yang bisa masuk ke dalam perutnya. Maka dari itu, disarankan untuk menyajikan porsi yang lebih sedikit.

Bervariasi
Biasakan untuk membuat masakan yang bervariasi untuk setiap harinya agak anak Anda tidak bosan dengan pilihan makanan yang Anda sajikan. Umumnya anak-anak akan lebih senang makan dengan banyak pilihan. Buatlah penyajian semenarik mungkin agar anak Anda lebih tertarik untuk makan.

Makan teratur
Jadwal makan pada anak sangatlah penting ini berguna juga untuk melatih organ tubuh bagian dalam agar mempunyai kebiasan makan. Sama halnya dengan waktu tidur untuk anak. Jika mereka mempunyai kebiasaan maka mereka akan makan teratur.

Camilan
Untuk menyiasati anak yang sulit makan, ada baiknya Anda memberikan camilan yang sehat. Hal ini dapat digunakan saat anak Anda tidak mau duduk diam saat makan. Selain itu, Anda juga dapat membuat kudapan dari kentang yang diisi berbagai sayuran, dengan ini anak Anda akan tetap mendapatkan sumber karbohidrat dan juga nutrisi dari sayuran.

Jangan memaksa dan memberi reward
Sebisa mungkin Anda harus mengindari memaksa anak saat akan makan hal ini akan lebih menimbulkan rasa malas pada anak. Dan juga Anda jangan mengiming-imingi anak dengan reward yang mereka dapatkan setelah makan. Hal ini akan lebih mempersulit Anda jika Anda lupa menyiapkan reward yang meraka minta.

Air
Sebaiknya saat makan anak tidak diberi minum terus menerus hal ini akan menyebabkan anak menjadi cepat kenyang dan juga tidak ingin menghabiskan makanannnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 9 =

%d bloggers like this: