8 Tanda Adanya Pertumbuhan Gigi Pada Bayi

Loading...

Bagi Anda para orang tua tentunya saat senang apabila melihat bayi Anda telah tumbuh gigi. Namun, pertumbuhan pada setiap bayi tidaklah sama, pada umumnya bayi akan mengalami pertumbuhan awal gigi pada usia 5 bulan sampai dengan 7 bulan, meskipun tidak menutup kemungkinan pertumbuhan gigi akan lebih lambat atau lebih cepat.

Tanda Adanya Perumbuhan Gigi Pada Bayi

Pertumbuhan gigi juga memiliki ciri-ciri yang akan diperlihatkan bayi pada saat mereka mulai merasakannya. Banyak ciri – ciri yang ditunjukkan bayi yang akan tumbuh gigi hal ini biasanya berbeda dari bayi satu ke bayi yang lainnya. Biasanya pada bayi yang akan tumbuh gigi tidak akan merasa nyaman dengan hal ini menyebabkan bayi akan lebih rewel. Namun tidak semua bayi akan mengalami hal ini, sebagian bayi juga mengalami pertumbuhan yang cukup cepat tanpa banyak keluhan.

Berikut ini adalah tanda-tanda adanya pertumbuhan gigi pada bayi :

1. Air Liur
Biasanya pada pertumbuhan gigi awal hal ini akan merangsang produksi air liur yang lebih banyak yang umumnya akan terjadi pada bayi yang menginjak usia 12 minggu atau kurang lebih 4 bulan.

2. Ruam
Karena banyaknya air liur yang keluar dan mengenai dagu atau wajah maka banyak bayi yang mengalami kulit yang kering dan ruam di sekitar mulutnya. Jika melihat bayi sudah mengeluarkan air liurnya dalam jumlah yang banyak sebaiknya Anda segera membersihkannya.

3. Belajar mengigit
Pada masa ini gusi bayi akan lebih sensitif dan juga merasa gatal, rasa ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan biasanya bayi lakukan untuk mengurangi rasa ini dengan cara mengigit benda-benda di sekitarnya termasuk jarinya sendiri.

4. Diare
Karena kebiasaannya mengigit segala sesuatu yang ada di sekitarnya akan bisa menyebabkan kuman lebih mudah masuk ke dalam tubuhnya dan mengakibatkan timbulnya diare.

5. Rewel
Rasa sakit yang biasa terjadi saat bayi tumbuh gigi disebabkan peradangan pada gusi, untuk bayi yang baru merasakan tumbuh gigi juga merasa risih dengan benda yang berada di mulutnya ini bisa menyebabkan bayi Anda sedikit rewel. Hal ini juga bisa menyebabkan bayi jadi tidak ingin makan sehingga akan membuatnya menjadi lebih rewel.

6. Demam
Hal ini biasa terjadi pada bayi yang akan tumbuh gigi, ini bisa diakibatkan karena rasa sakit, gusi yang meradang karena tekanan gigi dapat menyebabkan demam. Kondisi ini biasanya akan membuat bayi terlihat lebih lemas karena ia akan merasakan sakit di siang dan malam hari dimana seharusnya mereka beristirahat. Usahakan agar mereka selalu berada di tempat nyaman agar bisa beristirahat.

7. Hematoma gusi
Pertumbuhan gigi juga akan menyebabkan pendarahan di bawah gusi seperti gumpalan kemerahan. Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena akan sembuh dengan segera melalui bantuan kompres air dingin.

8. Sering menarik bagian tubuh
Rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan di dalam mulut bisa menjalar ke bagian tubuh lain seperti pipi dan telinga. Apabila bayi Anda cukup terganggu dengan rasa sakit yang ditimbulkan bisa saja mereka menarik telinga. Jika hal ini cukup sering dan juga cukup membahayakan untuk bayi Anda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + five =

%d bloggers like this: