6 Tips Agar Bayi Terlahir Tidak Cacat

Loading...

Bagi Anda yang mendambakan hadirnya buah hati tentunya tidak ingin hal buruk terjadi kepada bayi Anda, Namun kecacatan pada kelahiran bukanlah hal yang sepenuhnya bisa dicegah namun tetap dapat Anda hindari. Bukan hanya saat kehamilan, hal ini biasa terjadi dikarenakan kebiasaan-kebiasaan sebelum hamil, maka dari itu bagi Anda sebaiknya untuk menjalani pola hidup sehat bukan hanya saat Anda menginginkan kehamilan dan menjalani kehamilan itu sendiri. Menerapkan pola hidup sehat dapat dilakukan sejak dini. Tentunya sebagai orang tua Anda sangat menginginkan bayi yang berada dalam kandungan dilahirkan dengan sehat, bukan ?

Tips Agar Bayi Terlahir Tidak Cacat

Berikut ini adalah beberapa tips agar bayi terlahir tidak cacat :

1. Konsultasi dengan dokter
Penting bagi Anda yang sedang mengandung untuk merencanakan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan. Dengan cara ini, Anda tentunya akan mengetahui bagaimana kondisi dari bayi yang berada di dalam kandungan Anda.

2. Berhenti merokok
Merokok selama kehamilan tentunya sangat berbahaya dan juga mengakibatkan kelahiran prematu, bibir sumbing, bahkan kematian pada bayi. Tidak hanya perokok aktif, pada perokok pasif pun akan mengalami hal yang hampir serupa.

3. Lindungi diri dari infeksi
Beberapa infeksi yang dialami selama kehamilan dapat membahayakan janin dan akan membuat bayi lahir dalam keadaan cacat. Anda dapat mencegah infeksi dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur, masaklah daging sampai benar-benar matang, dan jagalah kebersihan tubuh secara baik.

4. Vaksinasi
Sejumlah vaksinasi yang aman akan sangat direkomendasikan di masa kehamilan. Vaksinasi dapat mencegah dan melindungi Anda dari infeksi penyebab kelahiran cacat. Dengan vaksinasi tentunya bayi yang lahir akan dalam keadaan sehat.

5. Asam folat
Asam folat mencegah terjadinya kerusakan yang terjadi pada pada otak dan sumsum tulang belakang. Asam folat dapat menurunkan risiko kelahiran cacat, contohnya bibir sumbing dan cacat jantung. Bahkan asam folat juga berguna untuk mengurangi risiko pre-eklampsia. Sumber asam folat terdapat di dalam sayuran hijau, kacang-kacangan dan sereal. Apabila Anda merencanakan kehamilan, sangat disarankan untuk memasukan 400 mcg asam folat setiap hari.

6. Faktor Konsumsi Junk Food yang Berlebihan
Makanan siap saji tentunya menjadi pilihan banyak orang karena sangat praktis dalam penyajian. Namun makanan ini mengandung sanyawa zat yang membuat pengkonsumsinya menjadi ketagihan dan ingin memakannya lagi. Jika Anda terlalu sering mengkonsumsi makanan siap saji, hal ini menjadi salah satu penyebab kerusakan otak pada janin yang di kandungan. Terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji akan membuat janin memilliki IQ yang rendah dan juga menjadi lebih hiperaktif

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen + thirteen =

%d bloggers like this: