Tips Mencegah Alergi Pada Bayi

Loading...

Keadaan fisik bayi yang masih rapuh membuatnya sangat mudah terkena alergi. Hal ini bisa diakibatkan oleh banyak hal terutama makanan yang baru saja dikenalnya. Tetapi apabila timbul gejala seperti gatal dan merah pada seluruh tubuh dan disertai pembengkakan pada leher dan kesulitan bernafas sebaiknya Anda segera membawa bayi Anda ke pusat perawatan medis.

Tips Mencegah Alergi Pada Bayi

Meskipun ada beberapa tips mengatasi alergi pada bayi, namun mencegah akan lebih memberikan dampak positif bagi anak. Anda juga tidak diperkenankan untuk memberi bayi atau anak Anda makanan yang bahannya belum cocok untuk tubuhnya dan juga membahayakan meskipun hanya untuk dicicipi. Apabila di dalam keluarga nada ada riwayat keluarga yang sering mengalami alergi sebaiknya Anda mewaspadi hal ini, Anda juga sebisa mungkin menghindari makanan-makanan tertentu Anda juga bisa melakukan langkah pencegahan dengan cara berikut ini :

• Masa yang paling rentan terkena alergi adalah pada usia 0-6 bulan, jika tidak memingkinkan Anda sebaiknya menunda penyapihan hal ini dilakukan agar tidak terlalu banyak makanan-makanan yang masih asing masuk ke tubuhnya.
• Pada masa pemberian ASI sebaiknya Anda juga menjaga pola makan ini dilakukan agar potensi alergi terhadap bayi Anda semakin berkurang.
• Sebaiknya Anda memberikan makanan padat yang tidak terlalu banyak campuran bahan makanannya, agar jika terjadi reaksi alergi Anda dapat mengetahui dengan cepat makanan apa yang menimbulkan alergi padanya.
• Anda harus mengindarkan bayi Anda dari bahan-bahan yang berpotensi menimbulkan alergi contohnya seperti asap, rokok, debu ruam, sebuk sari, dan binatang peliharaan.

Formula Khusus
Apabila bayi Anda alergi terhadap susu sapi dan Anda juga tidak dapat memberikan ASI sebaiknya Anda menggunakan susu yang berbahan utama dari kedelai. Susu ini dapat digunakan apabila bayi Anda tidak tahan dengan zat laktosa.
• Susu formula dari kacang kedelai mengandung gula bukan dari susu. Waspadalah kesehatan pada gigi bayi Anda dan jangan berikan susu dalam botol setelah usianya satu tahun. Hindari pemberian susu formula diantara waktu makan dan juga waktu tidur.
• Susu kedelai biasanya (bukan susu kedelai bayi), tidak boleh diberikan pada bayi yang sedang disapih karena bahan ini tidak mengandung cukup kalori, vitamin, dan kalsium
• Ada pula susu bayi yang menggunakan protein susu sapi khusus yang telah dibuat dan dimodifikasi secara khusus untuk bayi yang mempunyai kecenderungan alergi.
• Susu domba atau kambing terkadang dianggap kurang menjadi penyebab alergi. Namun belum ada bukti ilmiah tentang hal ini. Sebaiknya Anda jangan berikan susu ini pada bayi di bawah usia satu tahun karena susu ini tidak mengandung cukup nutrisi yang penting seperti vitamin A, vitamin D, asam folat dan zat besi

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − fourteen =

%d bloggers like this: