Gangguan Kesehatan yang Dialami Bayi Lahir Prematur

Loading...

Normalnya umur bayi di dalam kandungan yaitu 38 sampai 40 minggu atau 9 bulan lebih, namun adakalanya janin tersebut lahir sebelum usia 38 minggu hal ini menyebabkan bayi lahir prematur. Semakin muda kelahiran janin maka akan semakin besar resiko gangguan kesehatan yang dapat di alami bayi tersebut. Tentunya pada hal ini bayi sangat membutuhkan perawatan dan juga perhatian lebih banyak dibandingkan bayi yang terlahir normal.

Gangguan Kesehatan yang Dialami Bayi Lahir Prematur

Pada kesempatan ini, kami akan mencoba mengulas beberapa jenis gangguan kesehatan bayi prematur yang sering mengganggu perkembangan bayi prematur, yaitu sebagai berikut:

a. Gangguan pada sistem pernafasan tentunya menjadi hal yang sangat sering dialami oleh bayi yang terlahir prematur ini disebabkan karena sistem pernafasannya belum terlalu serpurna dibentuk.

b. Gangguan pada jantung juga menjadi hal yang paling banyak di indap bayi dengan kondisi ini, ganguan yang paling sering terjadi adalah tekanan darah yang rendah serta patent ductus arteriosus (PDA). Gangguan jenis ini banyak diidap bayi prematur yang lahir pada usia kurang dari 30 minggu.

c. Pada kondisi yang seperti ini bayi juga dapat mengalami pendarahan di otak atau yang lebih dikenal dengan istilah intrabentricular hemorrhage ini sangat mungkin terjadi saat kelahiran pada usia kandungan belum mencapai 28 minggu.

d. Bukan hanya itu bayi yang terlahir prematur akan mengalami suhu tubuh yang tidak stabil dan bisa menurun secara drastis hal ini diakibatkan kurangnya lemak yang ada di dalam tubuhnya. Gangguan ini juga bisa menjadi penyebab dari gangguan pernafasan dan juga rendanya kadar gula pada tubuh bayi.

e. Gangguan pada lambung juga sering terjadi apabila bayi lahir secara prematur, untuk gangguan jenis ini Anda bisa memberikan ASI secara rutin maka dengan perlahan lambungnya akan menjadi normal.

f. Gangguan pada metabolisme juga sangat sering terjadi, dengan gangguan ini kadar gula pada tubuh bayi menjadi rendah. Gangguan yang satu ini sering disebut hypoglisemia.

g. Gangguan pada sistem imun juga dapan menjadi salah satu yang sangat dikhawatirkan saat bayi terlahir secara prematur. Hal ini akan mempermudah infeksi virus untuk masuk ke dalam tubuh bayi.

Untuk Anda yang melahirkan secara prematur ada baiknya jika Anda harus dengan ekstra memantau pentumbuhan bayi Anda hal ini dapat dilakukan dengan cara selalurutin mengecek kondisi bayi Anda kepada dokter, ini dilakukan guna mencegah hal yang tidak Anda inginkan. Bayi yang terlahir prematur berbeda dengan kondisi bayi normal pada umumnya maka dari itu Anda harus selalu memperhatikan perawatan yang diberikan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =

%d bloggers like this: